Perdana Upacara HUT RI Sebagai Gubernur, Anies Singgung Asian Games | JawaPos.com

Perdana Upacara HUT RI Sebagai Gubernur, Anies Singgung Asian Games | JawaPos.com

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan HUT RI ke-73 di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (17/8). Tahun ini merupakan pertama kalinya Anies merayakan kemerdekaan dengan jabatan orang nomor satu di ibu kota.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, Anies mulai datang sekitar pukul 07.30 WIB mengenakan seragam dinas gubernur berwarna putih lengkap dengan topinya. Dia pun menaiki panggung pembina upacara dan memulai prosesi pengibaran bendera yang pesertanya adalah para pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemprov DKI.

Pasukan pengibar bendera berasal dari para siswa perwakilan sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) se-DKI Jakarta. Mereka terlihat kompak baris berbaris hingga menaikkan sang saka merah putih.

Upacara Hari Kemerdekaan RI ke 73 (Issak Ramadhan/ JawaPos.com)

Pada kesempatan itu, Anies memberikan penghargaan berupa lencana untuk beberapa anak buahnya, yakni pustakawan berprestasi, lomba perpustakaan terbaik tingkat kelurahan dan sekolah serta orang-orang yang membantu mempercantik Kota Jakarta dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyampaikan perjuangan para pahlawan pada 73 tahun lalu bisa memerdekakan Indonesia dengan jerih payah. Dia membandingkan betapa sulitnya mengibarkan bendera merah putih saat penjajahan zaman dahulu.

“Pagi ini kita mengibarkan bendera hanya dibutuhkan waktu tiga menit hingga bendera itu naik ke puncak. Tapi pertama kali bendera ini dikibarkan, diperlukan waktu puluhan tahun dedikasi, kerja keras, dan hibah nyawa untuk bendera ini bisa naik pertama kali,” ujar Anies di lokasi.

Dia mengatakan, tema kemerdekaan tahun ini adalah ‘Kerja Kita, Prestasi Bangsa’ yang terinspirasi dari Indonesia yang menjadi tuan rumah perhelatan ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018. Pemprov DKI disebutnya telah siap menjadi tuan rumah, melihat berbagai kesiapan yakni venue atau arena olahraga, transportasi, termasuk juga lalu lintas atlet. 

“Kita pun telah mempersiapkan keindahan kota dengan menata pedestrian semakin indah, cantik, nyaman digunakan. Kesiapan venue equestrian dan velodrome, bmx track, baseball serta venue olahraga jetski dan layar di Ancol yang semuanya berkelas dunia sehingga Jakarta layak menjadi salah satu pusat olahraga tingkat Internasional,” paparnya.

Upacara tersebut turut pula dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Kasatpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu, Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah, Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus, dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI Jakarta

(yes/JPC)