Perdana, UM Gelar Ujian Akhir Semester Serentak, Pesertanya 1183 Mahasiswa

KOTA MALANG – Biasanya, UAS (Ujian Akhir Semester) di perguruan tinggi dilaksanakan di masing-masing kelas. Tapi kali ini, di UM (Universitas Negeri Malang), UAS digelar serentak di Graha Cakrawala UM.

Selama dua hari, Senin (9/12) dan Selasa (10/12),UAS diikuti 1183 mahasiswa semester 1 FE (Fakultas Ekonomi) UM. Melibatkan 14 orang pengawas.

Untuk hari pertama, mereka menggarap soal mata kuliah pengantar akuntansi dan pengantar bisnis. Sedangkan besok (10/12) mereka bakal disuguhi soal ekonomi mikro dan pengantar manajemen.

“Selama ini ujian masing-masing kelas dengan dosen pengajar yang berbeda, soalpun kadang berbeda. Nah dengan ujian serentak, bakal ketahuan nih dosen mana yang mengajarnya kurang optimal,” kata Dekan FE UM, Dr H Cipto Wardoyo, SE, MPd, MSi, Ak, CA.

Nantinya ketika ada dosen yang belum optimal, maka hasil ujian mahasiswa itu akan menjadi bahan evaluasi jurusan. Dosen dituntut memberikan materi yang sama untuk mata kuliah yang sama dan hasil belajar menjadi lebih terukur.

“Untuk masalah evaluasi itu tergantung jurusan. Agar bisa kemudian menggodok kembali konsep ajar dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Ke depan, ia ingin pilot project ini menjadi sistem yang kontinyu. Tak hanya untuk mahasiswa semester 1 tapi juga semester yang lebih tinggi. Agar UPM FE bisa meningkatkan Standar Operational Procedure (SOP), dari mulai SOP Pembuatan Soal, Pelaksanaan UAS, Kepengawasan, hingga Penilaian dan Kualitas Mutu Soal.

“Dengan demikian, diharapkan terjaganya standar kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran,” imbuhnya.

Salah satu peserta ujian dari jurusan Pendidikan Akuntansi, Yuni Refi Mayrisa mengatakan bahwa sistem ini membuatnya enjoy. Serta membuatnya merasa makin akrab dengan teman seangkatan.

“Biasanya ujian itu lihat pengawasnya udah grogi dan nggak nyaman. Kalau satu ruangan gini aku rasa lebih enjoy dan pikiranku lebih encer,” ujar dia.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor: Indra M