Percepat Regenerasi, 8 Agustus PDIP Gelar Kongres di Bali

JawaPos.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mempercepat penyelenggaraan Kongres V pada tahun ini. Padahal hajatan itu sedianya dihelat pada 2020 mendatang.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno membenarkan hajatan besar partai yang diketui Megawati Soekarnoputri ini dipercepat.? Rencananya Kongres V ini dilakukan pada 8-10 Agustus di Bali.

“Betul Agustus di Bali,” ujar Hendrawan saat dihubungi, Kamis (13/6).

Sementara itu terpisah, ?Sekretaris Badan Pendidikan dan Latihan DPP PDIP Eva Kusuma mengatakan, kongres itu dipercepat alasannya karena ingin adanya percepatan regenerasi jabatan ketua umum.

Menurut Eva, PDIP lewat ketua umumnya Megawati telah menyiapkan penganti dirinya. Namun, lanjutnya, bisa saja kongres itu menetapkan kembali Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum PDIP.

“Saya yakin ketum sedang menyiapkan regenerasi PDIP dengan cermat. Beliau tentunya sedang mempersiapkan penggantinya yang nanti akan ditunjuk. Karena setiap kongres, oleh partai apa pun, agendanya nyari ketum baru,” katanya.

Anggota Komisi XI DPR ini mengatakan kongres itu sangat diperlukan dalam internal PDIP. Karena organisasi apa pun perlu untuk regenerasi kepengurusan struktur.

“Ini percepatan regenerasi. Ini banyak hal penting harus segera direspon oleh pasukan baru,” ungkapnya.

?Sekadar informasi, ?Kongres PDIP salah satu agenda pentingnya membahas pergantian ketua umum partai. Pada Kongres IV PDIP 2015 di Bali, Megawati Soekarnoputri kembali terpilih menjadi ketua umum partai bernuansa merah itu.

Adapun masa jabatan Megawati Soekarnoputri akan habis pada tahun 2020. Jabatan yang diembannya itu menjadikan sebagai ketua umum partai terlama sejak 1999 sampai dengan saat ini.

Beberapa waktu lalu, dalam setiap pidatonya Megawati Soekarnoputri memberikan sinyal tidak ingin menjabat lagi sebagai ketua umum PDIP. Ia pun mengatakan regenerasi di tubuh PDIP sangatlah penting.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono