Percepat Pembangunan Kesehatan, Bupati Malang Raih Anugerah Kemenkes RI

JAKARTA – Inovasi dan kontribusi luar biasa Bupati Malang Drs H.M. Sanusi MM terhadap pembangunan bidang kesehatan berbuah penghargaan dari Kemenkes RI.

Kemarin pagi (12/11), anugerah bertitel Tanda Penghargaan bagi Individu yang Berjasa dalam Pembangunan Bidang Kesehatan itu diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (K).

Anugerah Menteri Kesehatan Tahun 2019 dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 tersebut dilangsungkan di auditorium Prof Dr GA Siwabessi, Kemenkes RI, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

”Penghargaan ini bentuk pengakuan dari pemerintah bahwa apa yang dilakukan pemerintah daerah (pemda) sudah memenuhi kriteria dan harapan pemerintah pusat,” ujar Sanusi.

”Ke depan, tinggal mengembangkan apa yang sudah dilakukan di Kabupaten Malang agar masyarakat lebih sehat, lebih maju, dan lebih sejahtera,” sambungnya.

Dalam momen tersebut, ada 10 individu yang dinilai layak mendapatkan pengakuan pemerintah pusat. Masing-masing terbagi dalam tiga kategori.

Yakni, inovasi dalam mewujudkan keluarga sehat, inovasi dalam menurunkan angka kesakitan, serta inovasi dalam pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat.

Sanusi sendiri dinilai telah turut memberikan kontribusi nyata dalam mempercepat pencapaian program pembangunan kesehatan. ”Pembangunan kesehatan oleh pemerintah pusat fokus memperjuangkan tiga pilar.

Yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” jelas Terawan.

”Semuanya bermuara untuk mempersiapkan generasi sehat untuk Indonesia unggul di tahun 2045,” tandas dia.

Pewarta : Adv
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : *