KOTA MALANG – Getol tingkatkan kompetensi jurnal ilmiah, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Lokakarya Dewan Editor dalam rangka ‘Hibah Bantuan Tata Kelola Berkala Ilmiah (Jurnal Inspirasi Pendidikan) Tahun 2019.

Berlangsung di ruang Adul Radjab, Rabu (20/3), kegiatan ini merupakan langkah Unikama untuk mendorong percepatan akreditasi nasional dan peningkatan peringkat menuju reputasi internasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

“Ini merupakan agenda pendamping untuk tata kelola jurnal yang baik,” kata Kasubdit Fasilitas Jurnal Ilmiah Dikti, Dr. Lukman, S.T, M. Hum.

Menurutnya, jurnal ilmiah menjadi penting lantaran menjadi prasyarat utama untuk dosen saat hendak naik jabatan. Sama halnya dengan mahasiswa yang diwajibkan membuat jurnal sebagai syarat kelulusan.

Membidik para editor jurnal di lingkup Unikama, Lukman berharap kampus multikultural ini mampu mengajukan 20 jurnal untuk diakreditasi.

“Unikama ini sangat potensial dalam membuat jurnal. Sehingga perlu dimotivasi lagi untuk terus mengembangkan kualitas,” jelasnya

Untuk itu, peran editor atau verifikator ini sangat penting dalam menjamin kemaksimalkan jurnal sebelum diunggah ke portal jurnal ilmiah, SINTA.

Sementara, Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan Universitas (P3U), Muhammad Nur Huda menyatakan, jika saat ini sudah ada 10 dari 20 jurnal yang berpotensi terakreditasi. Maka Unikama harus bekerja keras menambah 10 jurnal yang bermutu untuk mencapai terget angka 20 tersebut.

“Kalau sudah banyak Jurnal yang terakreditasi, motivasi dosen untuk menulis akan meningkat. Begitu juga dnegan kualitas dan kuantitas, tidak berhenti pada laporan hasil penelitian,” jelas Huda.

Tahun 2019, merupakan tahun ketiga Unikama dalam menerima hibah program Bantuan Tatakelola Berkala Ilmiah berturut-turut sejak 2017 lalu.

Fakultas yang mendapatkan, ialah Jurnal Ekonomi Modernisasi (JEM) yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian Jurnal Pemberdaayan Masyarakat (JPM) dari LPMM. Kini, Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Jurnal Inspirasi Pendidikan (JIP) pun juga turut mendapatkan kesempatan.

Saat ini, Unikama berhasil mendatakan 23 jurnal. Terdiri dari 9 jurnal sudah terakreditasi, 10 jurnal digital dan 4 masih terindex.

“Hibah ini nantinya akan kami kelola untuk jurnal yang ada di seluruh Universitas yang nantinya akan digunakan bersama supaya yang lain juga ikut maju,” tutupnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto :Feni Yusnia
Penyunting : Fia