Perbaiki Kinerja ASN Bermental 804

KOTA BATU – Aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Batu yang kinerjanya tak optimal harus bersiap-siap kerja keras. Menyusul rencana penerapan road map reformasi birokrasi yang dibuat. Hal itu penting untuk menopang rencana strategis (renstra) yang telah dibuat.

Pembahasan terkait road map reformasi birokrasi tersebut muncul dalam workshop yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) di ruang rapat utama (rupatama) Balai Kota Among Tani kemarin (10/10). Seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Batu hadir dalam acara tersebut. Tampak Wali Kota Dewanti Rumpoko dan Sekda Kota Batu Zadim Effisiensi juga ikut menyimak penjelasan Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN Erna Irawati.

Erna menyatakan, Kota Batu sudah mempunyai rencana strategis (renstra) yang bagus. ”Capaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (sakip) bagus, hanya saja terkait reformasi yang belum ada road map-nya,” kata dia.

Erna menegaskan, adanya road map reformasi birokrasi ini sangat penting. Di antaranya, bisa memperbaiki image birokrasi yang lambat dan berbelit. Selain itu juga untuk meningkatkan kinerja setiap SDM. ”Tujuannya itu kan membuat orang berubah. Karena, kalau sistem bagus namun orangnya tidak berubah ya apa yang ingin dicapai tidak akan terlaksana,” ungkap dia.

Karena itu, Erna melanjutkan, salah satu yang harus diubah adalah kebiasaan aparatur sipil negara (ASN) yang masih malas. Seperti ASN yang bermental 804. ”Ini mereka pukul 08.00 datang untuk presensi, lalu kosong tidak kerja, dan pulang presensi pukul 4 sore,” ungkapnya. Kebiasaan seperti ini yang harus diubah.



Menurut Erna, untuk mengubah ini harus dari organisasi. ”ASN harus bekerja sesuai dengan kontrak kerja,” jelas dia. Untuk mengubah hal tersebut, Erna melanjutkan, memang tidak mudah. Sebab, harus mengubah mental set dan culture set ASN.

Sementara itu, Dewanti Rumpoko menyatakan, selama ini komitmen reformasi birokrasi sudah dilakukan di lingkungan birokrasi Pemkot Batu. ”Sekarang ini dikerucutkan, agar menjadi napas dan langkah yang baru,” ungkapnya. Sehingga, kinerja ASN bisa lebih ditingkatkan lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

Dewanti menambahkan, pihaknya juga telah menyusun renstra sesuai dengan skala prioritas kebutuhan. ”Sudah on the track, tinggal OPD mengisi semua program yang akhirnya melayani dan membuat masyarakat lebih sejahtera,” ungkap dia.

Wali kota perempuan pertama Kota Batu itu juga memastikan aspek layanan birokrasi sudah berjalan cukup baik. ”Tinggal ditingkatkan saja agar lebih maksimal,” ungkapnya. Karena itu, dalam waktu dekat, road map reformasi birokrasi segera disusun.

”Ya, agar delapan tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud,” ungkap istri Eddy Rumpoko itu. Delapan tujuan itu di antaranya adalah perubahan mental ASN, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, SDM ASN, peraturan perundang-undangan, dan pelayanan publik.

Pewarta: Aris Dwi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Ahmad Yani