Perbaiki Akses Jalan Wisata Petik Apel

KOTA BATU – Destinasi wisata petik apel masih menjadi incaran banyak wisatawan yang datang ke Kota Batu. Kebun apel Bulukerto misalnya, terletak di atas bukit menjadi daya tarik tersendiri. Sayangnya, jalur utama lewat Desa Bulukerto masih belum bisa dilewati kendaraan roda empat karena ada proyek pavingisasi.

Namun, pengunjung yang menggunakan mobil tetap bisa menikmati wisata petik apel sambil melihat pemandangan Kota Batu dari atas bukit. Caranya dengan melewati jalan memutar melewati jalan Desa Sumbergondo. ”Pavingisasi sudah dimulai sekitar satu bulan lalu, ini sudah selesai tapi nunggu kering cor yang ada di samping kiri-kanan jalan,” terang Ketua RT 04, RW 03, Rudi Prawito. Sementara untuk kendaraan roda dua sudah bisa menggunakan akses jalan tersebut.

Hal itu juga diungkapkan Hani Aryanto, salah seorang pemandu wisata yang kerap mengajak rombongannya berkunjung ke kebun apel Bulukerto. ”Tadi lewat jalur bawah, Sumbergondo. Biasanya lewat Bulukerto karena lebih cepat,” terangnya. Namun, hal tersebut bukan menjadi masalah ketika melihat rombongannya tetap puas menikmati kebun apel.

Pavingisasi untuk menutup jalan sepanjang 900 meter itu menghabiskan dana sekitar Rp 100 juta. ”Anggaran tersebut didapat dari provinsi,” terang Rudi. Pengadaan pavingisasi tersebut dibantu oleh kelompok masyarakat (pokmas) yang ada di Desa Bulukerto. ”Minggu ini rencananya siap dibuka,” tutupnya.

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani
Fotografer          : Mochamad Sadheli