Perbaiki 147 Sekolah Rusak, Anies Siapkan Rp 2 Triliun

JawaPos.com – Sejumlah sekolah di Jakarta mengalami kerusakan mulai dari ringan hingga berat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun telah menganggarkan Rp 2 triliun untuk perbaikan sekolah tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, tahun ini ada 147 sekolah yang akan diperbaiki, baik gedung sekolah SD hingga SMP. Menurutnya sebagian sekolah memang sudah tidak layak digunakan lagi.

“Anggarannya sudah ada. Lelangnya sudah, kurang lebih Rp 2 triliun anggarannya,” kata Ratiyono saat dikonfirmasi Selasa (23/4).

Meski begitu Ratiyono belum bisa merinci anggaran untuk setiap sekolah yang dilakukan perbaikan. Karena anggaran disesuaikan dengan kerusakan dan luas sekolah masing-masing. Gedung sekolah ada yang dilakukan perbaikan ada yang rehab sedang dan rehab total.

“Kalau per gedung itu anggarannya macam-macam tergantung lantainya dan luas tanahnya,” tuturnya.

Dari total 147 gedung rusak, kata Ratiyono gedung sekolah SD yang paling mendominasi. Namun ia tak merinci jumlah gedung SD maupun SMP yang saat ini tak layak pakai

“Memang yang paling banyak itu SD karena jumlahnya ada 1.483, yang dibangun sudah puluhan tahun dan memang sudah saatnya untuk dibongkar,” ucapnya.

Targetnya semua gedung yang direnovasi itu tuntas dibangun pada akhir tahun ini. Sehingga gedung tersebut bisa mulai digunakan pada awal 2020 nanti. “Targetnya Desember harus selesai dan Januari bisa dipakai,” tandasnya.