Perawatan Bunga Mawar Lebih Rumit

PUNTEN – Bagi Anda yang ingin menanam bunga mawar sebaiknya memahami trik-trik ini. Karena jika salah melangkah, bisa jadi tanaman Anda tidak tumbuh maksimal.

Karena tanaman ini relatif sensitif dibandingkan jenis tanaman lain. Lingga, pembudi daya sekaligus penjual bunga mawar, menyampaikan, bunga mawar termasuk jenis bunga yang perawatannya relatif rumit dibandingkan bunga lainnya. ”Agak lebih rumit kalau mawar. Perlu lebih hati-hati,” kata perempuan asal Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, ini.

Menurut dia, bunga mawar jika terlalu sering kena sentuhan, maka akan mudah rusak. Sehingga, bunga ini bakal berpotensi gugur sebelum dipanen. ”Kalau sering kena sentuhan, bunganya mudah rusak,” terangnya.

Dia menambahkan, ada beberapa jenis bunga mawar yang diminati konsumen. Di antaranya, jenis mawar merah, Jepang, dan Holland. ”Banyak pilihan yang juga menjadi faktor tanaman ini masih diminati pembeli,” imbuh perempuan yang menjual mawar sudah 15 tahun ini.

Lebih lanjut, harga bunga ini juga relatif terjangkau bagi semua kalangan. Yaitu Rp 5 ribu hingga Rp 35 ribu per bibitnya. ”Tergantung jenis dan ukurannya,” tandasnya.



Pewarta : nr5
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin