Perangi Vandalisme, Pemkot Siapkan Dinding Khusus Grafiti

KOTA BATU – Ini sudah kesekian kalinya aksi vandalisme terjadi di Kota Apel. Salah satu tempat yang biasa menjadi sasaran ulah oknum yang tak bertanggung jawab itu adalah halte tematik.

Seperti yang tampak di halte ”apel”, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Batu, kemarin. Di beberapa titik bagian halte setinggi 3 meter itu tampak kotor dengan coretan.

Sehingga, kondisi ini membuat Pemkot Batu bakal membangun dinding khusus untuk menyalurkan bakat seniman grafiti. ”Nantinya, mereka (seniman grafiti, Red) bisa mengekspresikan seni lewat dinding ini, tanpa harus mengotori tempat umum,” kata Arief As Siddiq, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, di kantornya kemarin.

Menurut dia, pemkot bakal membangun dinding 2 x 10 meter di Taman Hutan Kota Batu. Dinding ini khusus untuk tempat mengekspresikan diri bagi ”seniman vandalisme” tersebut.

”Nanti setiap periode tertentu (sekitar 6 bulan sekali, Red), kami cat putih lagi untuk kemudian digambar lagi oleh seniman yang lain,” terang mantan pria yang hobi olahraga trail ini.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan dinding grafiti tersebut tuntas pada bulan Oktober mendatang. Sedangkan, jumlah anggaran yang disediakan Pemkot Batu sekitar Rp 10 juta. ”Kami gunakan dana perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019. Targetnya, selesai bersamaan dengan ulang tahun Kota Batu nanti (17 Oktober),” imbuhnya.

Tak hanya itu, masih kata dia, pihaknya juga bakal bekerja sama dengan seniman Malang Raya. Terutama para seniman di Kota Dingin ini. ”Kami akan undang seniman di Malang Raya untuk ikut mencurahkan karya di dinding nanti,” ujar dia.

Pewarta : nr5
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin