Perancang Kaus Kaki Ini Jadi Pelopor 5 Roller Coaster di Jatim Park 1

KOTA BATU – Roller coaster adalah wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus, biasanya terletak di atas tanah yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Tahukah Anda siapa penemunya? Ternyata seorang perancang kaus kaki, kok bisa?

Sejarah penemuan roller coaster cukup panjang dan banyak menemui perdebatan. Namun sejarah mencatat L.A. Thompson lah pencipta yang diresmikan tahun 1884. Negara-negara di Eropa gempar saat sebuah roller coaster bernama Switchback Railway di Coney Island, Amerika Serikat hadir dengan jalur yang bekelok dan lebih seru tak seperti roller coaster sebelum-sebelumnya yang hanya punya lajur kereta lurus.

Sebelum dikenal sebagai bapak roller coaster, L.A Thompson adalah seorang tukang kayu saat masa remaja, hingga pada tahun 1873 ia memulai untuk mengoperasikan toko kelontong di Elkhart, Indiana. Di sanalah ia mulai merancang kaus kaki untuk dijual namun karena kesehatannya makin memburuk akhirnya ia gulung tikar dan menemukan ide membuat roller coaster saat melakukan perjalanan ke kawasan Carbon County, sebuah pusat pertambangan.

Perjalanan itu cukup menarik karena melewati beberapa bukit dengan ketinggian hampir 2300 kaki, cukup tinggi dan membuat beberapa wisatawan yang saat itu bersamanya menjerit kegirangan. Lalu, ide membuat sebuah roller coaster pun muncul di benaknya. Berikut 5 Roller Coaster yang bisa kamu temukan di Jatim Park 1:

Ulat Coaster



Wahana Ulat Coaster ini khusus untuk anak-anak berusia di bawah lima tahun. Roller coaster berbantuk ulat berwarna hijau ini berkapasitas enam anak, di mana tiap gerbongnya hanya bisa diisi oleh satu anak saja. Tanjakan dan turunan yang mengasyikkan selama perjalanan, akan menggambarkan serunya meluncur bersama ulat mungil di alam bebas.

Spinning Coaster

Spinning Coaster ini merupakan roller coaster untuk pengunjung segala usia. Kereta ini berkapasitas empat orang. Kereta unik ini akan berputar selama meluncur, sehingga membuat Anda tidak bisa menduga posisi di setiap tanjakan, turunan dan tikungan. Dengan kecepatan tinggi, Spinning Coaster akan membawa Anda pada arah yang acak. Di setiap tikungan Anda akan seperti terdorong ke depan, hingga adrenalin meninggi.

Dragon Coaster

Dragon Coaster merupakan ‘kendaraan’ yang tepat bagi Anda yang di masa kecilnya kurang bahagia dan bermimpi mengendarai seekor naga. Dengan kecepatan tinggi, berkapasitas delapan orang, wahana bertemakan naga Cina ini siap membawa Anda meluncur di rel yang menukik. Anak-anak maupun dewasa bisa mencobanya selama dua putaran. Dragon Coster ini terdapat di bagian selatan Science and Coaster Park.

Volcano Coaster

Wahana ini akan membawa Anda melintasi pegunungan menuju ke puncak gunung, kemudian meluncur memutar dengan kecepatan tinggi menembus bebatuan di kaki gunung. Kecepatan tinggi yang dipadu dengan rasa was-was terkena ‘muntahan’ lahar gunung bakal memacu detak jantung dan adrenalin Anda, sehingga teriakan-teriakan pun tak dapat dihindarkan. Terlebih ketika kereta meluncur keluar dari goa yang ada di dalam perut ‘gunung berapi’.

Superman Coaster

Sensasi memacu adrenalin akan lebih terasa di wahana roller coaster satu ini. Wahana ini menawarkan sensasi roller coaster yang bergerak cepat. Melintasi bermacam-macam liukan tajam hingga lintasan yang memutar melawan gravitasi, pastinya bakal membuat jantung berdetak kencang. Menariknya, tak cuma bisa memacu adrenalin, lewat Superman Coaster ini Anda dapat menikmati keindahan pemandangan dari puncak.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Dok JPRM