Perakit Kotak Suara Diupah Rp150 Ribu/Hari

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mulai merakit kotak suara untuk Pemilu 2019. Totalnya ada 31.292 kotak suara. Perakitan dilakukan di Gedung Andromeda eks Bandara Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), dengan melibatkan 140 pekerja.

Setiap pekerja harus merakit 150 kotak suara per hari. Masing-masing pekerja mendapatkan upah Rp 150 ribu per hari. “Kami menargetkan selesai dalam sepekan,” kata Ketua KPU Medan Agussyah Damanik, Senin (25/2).

Sembari merakit, kotak suara akan diperiksa. Jika ditemukan ada yang rusak akan diganti. “Yang rusak akan dimasukkan dalam berita acara,” terang Agussyah.

Kotak suara yang sudah dirakit akan disimpan dalam gudang kargo. Ukurannya lebih luas dari ruang perakitan. Setelah kotak suara, KPU Medan akan melakukan pelipatan surat suara. Prosesnya melibatkan 250 pekerja.



Adapun surat suara untuk Pemiliha Presiden (Pilpres) akan masuk pada 16 Maret 2019. Sedangkan untuk Pileg masuk lebih awal. Yakni, 8 Maret 2019. “Begitu masuk, akan kami sortir. Selanjutnya langsung kami lipat,” tukasnya.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Prayugo Utomo