Peraih Nilai UNBK Tertinggi Se-Kota Malang Terancam Gagal Kuliah di UB

KOTA MALANG – Nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA diumumkan Rabu (8/5). Salah satu peraih nilai UNBK tertinggi tingkat SMA jurusan IPA se-Kota Malang adalah Peter Ananthaputra Judianto dengan total nilai 396.00.

Di balik kecerdasannya dan sukacitanya ini, ternyata Peter menyimpan kesedihan mengenai lanjutan pendidikannya ke universitas. Pasalnya Peter yang telah diterima di jurusan Teknik Kimia Universitas Brawijaya ini kesulitan mencari biaya UKT yang dia nilai cukup besar yakni Rp 7,6 juta per semester.

“Saya sebenarnya bingung mau melanjutkan kuliah di UB, karena UKT yang ditentukan untuk saya terlalu tinggi. Dua kakak saya juga masih belajar di situ” ungkap Peter.

Ayah dari Peter sendiri masih tercatat sebagai seorang PNS dokter di RSSA, namun karena tengah jatuh sakit jadi terpaksa harus dinonfungsionalkan. Sedangkan Peter merupakan bungsu dari tiga bersaudara, yang kedua kakaknya juga masih menempuh pendidikan di UB pada jurusan Kedokteran Hewan semester 8 serta Manajemen semester 4.

Masing-masing dari mereka tentunya masih harus membayar UKT sebesar Rp 8,5 juta serta Rp 4,68 juta. Beberapa faktor tersebut menjadi penyebab Peter berniat mengundurkan diri dari PTN yang telah menerimanya.



Jika Peter benar-benar terpaksa harus mundur, maka ia harus mencari alternatif Perguruan Tinggi Swasta untuk melanjutkan pendidikan dengan biaya yang lebih terjangkau. Karena sesuai dengan peraturan, peserta yang telah diterima SNMPTN tak bisa ikuti UTBK untuk seleksi SBMPTN.

“Sebenarnya kalau bisa, saya masih ingin melanjutkan di UB. Tapi saya juga sedang mendaftar pada sebuah institut di Jakarta dengan rekomendasi dari pendeta saya,” lanjut Peter.

Pada institut tersebut Peter berkesempatan untuk memperoleh beasiswa atau keringanan biaya selama kuliah.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Istimewa