Penumpang Melonjak, Operasikan KLB

Lonjakan penumpang kereta api selama libur Imlek yang jatuh kemarin (16/2) sudah diantisipasi pihak KA (Kereta Api) Stasiun Kotabaru Malang. Sedikitnya 6.257 penumpang dari Malang bertolak ke berbagai daerah sejak Rabu (14/2). Untuk jurusan Surabaya, pihak stasiun mengoperasikan KLB (kereta luar biasa) untuk menampung lonjakan penumpang selama long weekend ini.

MALANG KOTA – Lonjakan penumpang kereta api selama libur Imlek yang jatuh kemarin (16/2) sudah diantisipasi pihak KA (Kereta Api) Stasiun Kotabaru Malang. Sedikitnya 6.257 penumpang dari Malang bertolak ke berbagai daerah sejak Rabu (14/2). Untuk jurusan Surabaya, pihak stasiun mengoperasikan KLB (kereta luar biasa) untuk menampung lonjakan penumpang selama long weekend ini.

Wakil Kepala Stasiun Kotabaru Malang Mardiono menyatakan, hingga kemarin jumlah penumpang kereta api naik sekitar 40 persen dari hari biasa. ”Rata-rata dalam sehari, para penumpang itu jumlahnya 4.200 orang. Khusus selama liburan ini naik menjadi 6.257 orang sejak Rabu dan hari ini (kemarin, 16/2) masih di atas rata-rata sekitar 4.377 penumpang,” ujarnya.

Untuk pengamanan selama long weekend, Mardiono menyatakan, pihaknya memperketat keamanan internal meski tidak menambah personel seperti kelonjakan penumpang seperti pada Hari Raya Idul Fitri maupun Natal. ”Meskipun dengan jumlah standar, penumpang tidak perlu khawatir karena kami tetap meningkatkan intensitas keamanan, khususnya selama long weekend,” tambahnya.

Sementara itu, ketersediaan tiket menuju beberapa daerah seperti Surabaya, Jakarta, Bandung diketahui sudah sold out hingga 18 Februari. ”Kecuali Jogja, ketersediaan tiket sekitar 20 persen untuk tanggal 16 dan 18 Februari menuju Surabaya ada sekitar 10 persen, Blitar 25 persen,” jelasnya.

Untuk keberangkatan dan kepulangan selama weekend, Surabaya mencatat rekor terbanyak jadwal keberangkatan dan kepulangan, yakni sembilan kali. Disusul Blitar sebanyak delapan kali dan Jogja- Jakarta masing-masing lima kali. Untuk Banyuwangi hanya sekali keberangkatan dan kepulangan.

Pewarta : NR2
Penyunting : Ahmad Yani
Copy Editor : Dwi Lindawati
Foto : Falahi Mubarok