Penuhi Kebutuhan Pasar, Pemkot Batu Canangkan Pembenihan Bawang Putih Lanang

KOTA BATU – Memiliki khasiat dalam kesehatan, bawang putih tunggal atau lebih akrab disebut bawang putih lanang kini acap kali dicari oleh masayarakat Kota Batu. Namun, pengadaan bawang putih lanang ini masih sangat terbatas.

Bahkan pedagang Kota Batu kerap mengeluhkan jumlah stok yang sedikit untuk dijual. Apalagi, masyarakat yang menginginkan seringkali membutuhkan bawang putih lanang itu untuk kebutuhan pengobatan.

Dari informasi yang didapat radarmalang.id, manfaat yang terkandung dalam bawang putih lanang ini sangat beragam. Seperti menangkal batuk, masuk angin, menurunkan tingkat kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi diabetes, mengatasi asma dan masih banyak lainnya.

Salah satu pedagang di Pasar Sayur Kota Batu, Weni (59) mengatakan jika impor bawang putih lanang ini masih sangat jarang ditemukan di Kota Batu. Karenanya, harga jualnya juga cukup mahal, yakni mencapai Rp 100 ribu per kilogram.


“Saya saja mendapatkan itu dari petani Kota Batu yang berada di Dusun Klerek, Desa Torongrejo. Itupun terbatas, harganya juga mahal. Masyarakat yang nyari memang cukup banyak, tapi mereka bisanya kalau beli itu nggak langsung banyak, seperempat saja,” ungkap dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Batu, Hendri Suseno mengatakan rencana pembenihan bawang putih lanang akan dicanangkan di wilayah Kota Batu. Apalagi jika diketahui menguntungkan petani sayur. Tetapi, hal itu masih perlu dilakukan pengkajian terkait kebutuhan petani di Kota Batu.

“Saat ini memang hanya bawang merah dan bawang putih biasa saja. Ya nanti akan kita rencanakan, tapi akan dikaji dulu semisal ada pembenihan bawang putih lanang ini lahannya seperti apa yang dibutuhkan. Kemudian dilakukan pengecekan juga untuk wilayah mana yang sekiranya bisa membuat bawang ini tumbuh subur,” pungkas dia.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting: Fia