Pengumuman penetapan tidak harus dihadiri pasangan bakal calon.

Pengumuman penetapan tidak harus dihadiri pasangan bakal calon.

“Kalau sebelumnya kedua pasangan masih bakal calon, dengan penetapan ini menjadi calon bupati dan wakil bupati,” terangnya Ketua KPU Kabupaten Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho kepada RADAR MALANG ONLINE.

Pengumuman penetapan tidak termasuk penyampaian hasil tes kesehatan dan administrasi dari kedua pasang bakal calon. Persyaratan administrasi sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan sudah ada sejumlah perbaikan. Sehingga untuk hari ini langsung penetapan calon saja.

Tetapi, Handoko belum bisa menyampaikan apakah dari kedua pasangan ada yang tidak lolos. Mengingat untuk penyampaian tersebut akan dilakukan rapat pleno terlebih dahulu. “Nanti ada rapat pleno dulu. Jadi kami belum bisa menyampaikannya kepada publik sebelum rapat dilakukan,” kata Handoko.

Pengumuman penetapan tidak harus dihadiri pasangan bakal calon. Tetapi bisa diwakilkan orang lain. Setelah adanya penetapan calon, KPU Karanganyar akan melakukan pengundian nomor urut.

Pengundian akan dilakukan Selasa (13/2) besok. “Kalau untuk pengundian nomor urut, calon wajib datang sendiri. Tapi kalau hanya untuk penetapan saja, tidak harus hadir,” pungkas Handoko.

Seperti diketahui, dua pasangan bakal calon sudah mendaftar sebagai peserta Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar 2018. Masing-masing pasangan Juliyatmono-Rober Christanto dan Rohadi-Ida.


(apl/JPC)