Pengerjaan Taman Underpass, Tunggu Bangunan Proyek Dibongkar

JawaPos.com – Sejak resmi dioperasikan pada Jumat (31/5), kawasan underpass bundaran Satelit terus dipercantik. Jika sebelumnya pembuatan taman underpass difokuskan di area barat, kini pemkot berencana melanjutkan pengerjaan taman di area timur bundaran. Baik sisi selatan maupun utara jalan.

Pembuatan taman di area barat bundaran dilakukan sejak Mei. Pengerjaan taman di area tersebut hampir rampung. “Sisi barat bundaran kini sudah 90 persen,” kata Kasi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Rochim Yuliadi kemarin siang (3/6).

Tinggal beberapa titik yang belum bisa digarap. Misalnya, di sekitar drainase underpass. Tepatnya di utara bundaran Satelit sisi barat. Sebab, di sana masih ada sedikit pengerjaan dan perapian. Rochim menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya menanami rumput di sekitarnya. Dengan demikian, area yang kini masih berwarna cokelat tersebut nanti bisa hijau semua. Layaknya taman di dekat overpass.

Pria alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu menjelaskan, area di sekitar underpass yang akan dibangun taman mencapai 14.398 meter persegi. Seluas 9.557 meter persegi di sisi barat bundaran Satelit. Untuk area timur bundaran, luasnya hanya 4.841 meter persegi.



Menurut Rochim, untuk saat ini pembuatan taman di sisi timur belum bisa optimal. Penyebabnya, masih ada bangunan milik proyek PT PP selaku pihak yang mengerjakan underpass dan overpass Satelit. Meski demikian, pembuatan taman di sisi timur bundaran tetap dicicil. Meski hanya berupa penanaman beberapa pohon pelindung. Itu pun hanya di sisi utara jalan.

Pembuatan taman di area timur bundaran akan dikerjakan setelah bangunan tersebut dibongkar. Nanti dibuatkan desain taman terlebih dahulu. Pihaknya menargetkan pembuatan taman underpass bisa rampung tahun ini.

Rochim menambahkan, selain menunggu pembongkaran bangunan proyek, saat ini satgas DKRTH sedang mengelola lahan di bundaran sisi timur. Yakni, dengan cara diberi kompos dan tinja agar nanti tanah subur sehingga tanaman cepat tumbuh.

Dengan demikian, underpass sepanjang 350 meter itu bisa terlihat hijau dan cantik. Tidak hanya itu, saat ini DKRTH juga menanam rumput di sepanjang dinding underpass. Taman itu diharapkan mampu menggantikan ruang terbuka hijau (RTH) yang sebelumnya berada di sekitar kawasan tersebut.

Serba-serbi Taman Underpass Satelit

– Luas total taman 14.398 meter persegi.

– 9.557 meter persegi berada di sisi barat bundaran.

– 4.841 meter persegi berada di sisi timur bundaran.

Pohon dan bunga yang sudah ditanam:

– Syzygium (pucuk merah) 13 pohon

– Tabebuya pink 65 pohon

– Pule 13 pohon

– Trembesi 17 pohon

– Jakaranda 5 pohon

– Spathodea 25 pohon

– Kupu-kupu 15 pohon

– Flamboyan 8 pohon