Pengereman Pesawat Jadi Prioritas Pengecekan

Pengecekan Pesawat

RADAR MALANG ONLINE – Pemerintah melakukan pemeriksaan semua jenis moda transportasi yang digunakan untuk angkutan Lebaran. Termasuk pemeriksaan kesiapan fisik pesawat di Bandara Internasional Juanda.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso dan jajarannya melakukan ramp check. Salah satunya menyasar pesawat Lion Air JT 856 jurusan Palembang-Surabaya. Pengecekan dilakukan langsung di appron atau area landasan pacu.

Hasilnya tak ada kendala berarti. Agus menyatakan bahwa pesawat tersebut layak terbang. “Kami sudah lakukan ramp check. Secara umum, pesawat itu Lion Air JT 856 layak terbang,” kata Agus kepada wartawan di Terminal 1 Bandara Juanda, Rabu (13/6).

Ramp check mencakup sejumlah aspek pemeriksaan fisik pesawat. Namun prioritasnya terhadap istem pengereman pesawat saat terbang rendah hingga mendarat di landasan.



Pertama, pemeriksaan terhadap tire atau roda (ban) pesawat. Apakah roda pesawat masih memiliki skid resistance (gaya gesekan antara permukaan jalan dan ban) atau tidak. “Karena saat kondisi hujan, skid resistance-nya turun. Jadi kalau lalu bannya gundul, bisa kepleset,” jelas Agus.

Kedua, sistem hidrolik yang digunakan pada break system atau pengereman. Terutama pada tuas dan kampas rem pada roda. “Indikatornya, tuas yang terhubung pada kampas. Kalau sudah bujel (tumpul) berarti kampasnya sudah akan habis,” katanya.

Kemudian pemeriksaan engine reverse yang membantu gaya pengereman pesawat. Sebab meski pesawatnya sudah direm, gaya dorong mesin jet pesawat masih terarah ke belakang (bergerak maju). “Waspadai deformasi (struktur pesawat) engine terhadap bird impact (tabrak burung),” terang Agus.

Secara umum, ramp check pada pesawat juga mencakup pemeriksaan kesiapan fisik lain. Yakni, landing gearnya, oli hidrolik, dan valve (katup) saat mengisi atau refueling avtur (bahan bakar pesawat. Pemeriksaan kelengkapan lain mencakup kelengkapan dokumen l. Antara lain logbook dan buku maintenance yang harus dimiliki teknisi pesawat udara.

(HDR/JPC)