Pengamat: Trah Soekarno Tidak Masuk Kabinet Jokowi-Ma

Pengamat: Trah Soekarno Tidak Masuk Kabinet Jokowi-Ma

jpnn.com, JAKARTA – Pengamat politik Satyo Purwanto memprediksi keturunan atau trah Soekarno tidak masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Berbicara trah Soekarno saat ini, kata Satyo, erat kaitannya dengan anak dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Setidaknya dua nama anak Bu Mega yang dianggap pantas menjabat menteri Jokowi yakni Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo.

Namun, Satyo memprediksi Puan tidak masuk jajaran kabinet Jokowi. Sebab, kemungkinan besar Puan akan didaulat sebagai Ketua DPR RI.

Begitu pun dengan Prananda, tidak akan masuk kabinet Jokowi. Dalam analisis Satyo, Prananda akan difokuskan di PDIP untuk menjadi suksesor Megawati. “Kemungkinan besar Mas Prananda plotnya bukan di kabinet. Namun, akan menjadi suksesor Megawati di partai,” ucap dia.

BACA JUGA: Analisis Bang Ray soal Kemampuan Putra Bu Mega Jika Jadi Menteri Kabinet Jokowi

Berbeda dengan Satyo, Direktur Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin memprediksi trah Soekarno masih mewarnai kabinet Jokowi-Ma’ruf.

“Masih ada trah Soekarno di kabinet ke depan. Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo pantas jadi menteri,” ujar Ujang.

Namun, kata Ujang, Puan akan ditempatkan PDIP sebagai Ketua DPR RI. Sebagai partai pemenang Pileg 2019, PDIP berhak menempatkan kadernya sebagai Ketua DPR RI.