Penetapan Calon Terpilih Tunggu MK

JawaPos.com – Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menutup masa pendaftaran sengketa hasil pemilu. Meski demikian, daerah yang bebas sengketa pemilu tak otomatis dapat menetapkan caleg terpilih. Sebab, KPU masih menunggu pemberitahuan dari MK mengenai daerah mana saja yang bersengketa.

Ketua KPU Arief Budiman mengaku sudah bersurat ke MK mengenai permintaan informasi daftar sengketa hasil pemilu. ”MK nanti yang memberitahukan kepada kami secara resmi daerah mana yang ada sengketa dan tidak ada sengketa,” terangnya kemarin. Surat tersebut akan menjadi pedoman bagi KPU dalam mengambil tindakan lebih lanjut.

Saat ini, tutur dia, tinggal MK menjawab surat dari KPU. ”Dia mengirim surat berdasar pendaftaran sengketa, pencatatan di buku register, atau dimulainya sidang, terserah,” lanjutnya. Bagi KPU, yang penting jelas daerah mana yang terdapat sengketa dan mana yang nihil sengketa. KPU baru menerbitkan keputusan mengenai daerah mana saja yang bisa menetapkan calon terpilih setelah ada surat dari MK.