Penempatan APK Belum Separuh yang Beres

Penempatan APK Belum Separuh yang Beres

Padahal, deadline ini sudah menjadi keputusan dalam rapat koordinasi yang melibatkan semua instansi terkait. Dimana pada 7 Februari semua titik penempatan lokasi alat peraga kampanye yang digunakan untuk Pilkada Lumajang 2018 harus sudah disetor ke KPU Lumajang.

Faktanya, hingga sore kemarin, KPU baru menerima delapan kecamatan yang sudah mengusulkan. “Baru delapan kecamatan. Sisanya masih diproses. Ada yang belum sama sekali dikerjakan setelah kita cek ke PPK,” ungkap M. Ridhol Mujib, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lumajang.

Dia mengakui memang masih ada jeda waktu sampai pukul 24.00 semalam. Makanya, dirinya dan PPK terus memproses supaya sesuai deadline. Sebab, nantinya akan berpengaruh pada tahapan selanjutnya.

Kesepakatan pada 7 Februari itu sejatinya adalah permintaan peserta rakor KPU dengan stakeholder terkait. Tentang rencana titik pemasangan alat peraga kampanye pada Jumat lalu. “Tapi kita masih menunggu hingga pukul 24.00,” ucapnya tadi malam. 

Dia berharap, kecamatan lain yang belum rampung, bisa disegerakan. Sebab, tahapan selanjutnya adalah menetapkan lokasi tersebut sebagai titik pemasangan alat peraga dan bahan kampanye melalui rapat Pleno KPU. Jika masih ada yang menggandol, maka akan berdampak pada tahapan berikutnya. 



(jr/fid/ram/das/JPR)