Pendekatan Seminggu, Jika Masih Bandel, Satpol PP Kota Batu Gusur PKL Nakal

KOTA BATU – Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Batu akan menindak tegas ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Selasa sore (19/11) yang besok masih nekat berjualan di lokasi terlarang. Sebelumnya, Satpol PP telah melakukan pendekatan kepada warga selama seminggu penuh terkait peraturan PKL.

“Ini hari terakhir, dan kalau besok masih bandel akan kami tindak tegas,” ungkap Kepala Inspektur Satgas PKL, Suyatno.

Langkah tersebut sengaja diambil. Pasalnya, PKL tersebut berada pada lokasi yang mengganggu fadilitas umum. Salah satunya bangunan yang menghalangi drainase sehingga air hujan yang harusnya mengalir ke gorong-gorong terhalang bangunan PKL.

Tercatat sekitat 214 PKL hari ini telah disidak dan diberikan sosialisasi untuk membongkar tendanya sehingga bisa meminimalisir kerugian. Ia juga menjelaskan bahwa PKL harus secara legowo menaati peraturan demi kebaikan Kota Batu sendiri.

Diwawancarai secara terpisah, Rofiqi salah satu pemilik warung di kawasan Junrejo mengungkapkan bahwa dirinya memang membangun warung dengan inisiatif sendiri dan tidak mengeluarkan modal sepeserpun. “Hanya tenaga dan kayu untuk mendirikan warung. Kami tidak membayar sewa tanah kepada siapapun,” terangnya.

Kepada radarmalang.id, Rofiq sendiri mengaku cukup keberatan jika memang harus membongkar warungnya karena warung tersebut telah menjadi tumpuan hidup keluarganya. “Tapi mau bagaimana lagi. Pemkot juga tidak memberikan lahan untuk kami berjualan, cari kerja juga susah,” keluhnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia