Pendaftaran PPDB SMAN Tahap Pertama, Ini Syaratnya

KOTA MALANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jenjang SMA telah memasuki hari kedua. PPDB 2019 yang dimulai sejak kemarin (11/06) dan akan berakhir pada 18 Juni nanti masih berkutat pada jalur prestasi, perpindahan orang tua, dan keluarga tidak mampu.

“Jadi memang sudah ada jadwal dan persyaratannya. Sehingga diharapkan orang tua peserta didik bisa memperhatikan secara seksama,” papar Kepala SMAN 2 Drs. Hariyanto M.Pd kepada radarmalang.id.

Ia menambahkan, masa pendaftaran jalur prestasi ini memiliki kuota 5 persen, begitu pula dengan jalur pindah tugas orang tua yang dibatasi kuota 5 persen, sedangkan untuk keluarga tidak mampu merupakan salah satu jalur zonasi yang memiliki kuota 20 persen.

Lebih lanjut, Hariyanto menerangkan pada jalur prestasi memiliki syarat harus mempunyai salah satu prestasi akademik meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Literasi Siwa Nasional (OLSN), dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Sedangkan untuk prestasi non akademik harus memiliki salah satu prestasi pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Gala Siswa Indonesia (GSI), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV), Pekan Olahraga Nasional (PON), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS), Asian Games, SEA Games, Hafiz Al Qur’an (minimal 10 juz), dan Jambore Nasional.

“Kalau syarat perpindahan tugas orang tua, maka orang tua yang ditugaskan harus dari kalangan TNI, Polri, ASN, BUMN, dan BUMD,” imbuh Hariyanto.

Ia juga menambahkan persyaratan lain yang harus dipenuhi yaitu tempat sekolah harus sesuai dengan domisili tempat tinggal dan minimal harus sudah berdomisili 2 tahun pasca PPDB 2019.

Tak hanya itu saja, Hariyanto menjelaskan persyaratan untuk pendaftaran keluarga tidak mampu meliputi keikutsertaan anggota keluarga dalam program KIP/PIP ikut serta dalam anggota yang telah di atasi oleh pemerintah selama 1 tahun. “Selain itu juga harus memiliki kartu buruh. Dan jika memalsukan dokumen bersedia diproses secara hukum,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto: dok JPRM
Penyunting: Fia