Pendaftar di UM-UIN Melonjak

Pendaftar SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) di Malang makin meningkat. Hingga saat ini, baru dua PTN yang secara resmi mengeluarkan data peminat SNMPTN 2018 antara lain Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) dan Universitas Malang (UM).

Menpora Nahrowi Ramli (baju merah) melihat Maket kampus 3 UIN didampingi Rektor UIN Maliki Prof Haris (kiri) walikota Malang Moch Anton (3 dari kiri) kemarin.

MALANG KOTA– Pendaftar SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) di Malang makin meningkat. Hingga saat ini, baru dua PTN yang secara resmi mengeluarkan data peminat SNMPTN 2018 antara lain Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) dan Universitas Malang (UM).

Untuk UM sendiri, terjadi peningkatan mahasiswa yang mendaftar. Pada tahun 2017 ada sebanyak  25.519 pendaftar dari jumlah peminat sekitar 37.472 calon mahasiswa. Di tahun 2018, UM mengalami peningkatan calon mahasiswa yang mendaftar jalur SNMPTN sebanyak 27.159  dari jumlah peminat 39.534 peningkatannya. Selisihnya sekitar 6.04 persen dnegan jumlah mahasiswa 1.640 calon mahasiswa.

Untuk jalur beasiswa Bidik Misi sendiri, bisa dibilang kenaikannya stagnan. Hanya selisih satu pendaftar dari 8.917 menjadi 8.918. Menurut data rilis oleh pihak UM, peminat terbanyak ada pada Fakultas Ekonomi dengan 7 prodi. Yakni ada 9.158 pendaftar dan disusul Fakultas Teknik (12 prodi) sebanyak  7.079 pendaftar.

Jumlah ini merupakan gabungan dari total pendaftar yang memilih UIN sebagai PTN pertama dan PTN kedua. Jika dirinci, prodi terfavorit di Fakultas Ekonomi adalah manajemen dengan total pendaftar sebanyak 3.362 pendaftar. Disusul di Fakultas Teknik, prodi terfavorit adalah Teknik Informatika dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.400.

”Tertinggi memang manajemen karena jumlah peminatnya selalu tinggi setiap tahun,” ujar humas UM, Santi.



Untuk pendaftar bidang Saintek, total jumlahnya sebanyak 9.355. Rinciannya, pendaftar yang memilih UM sebagai  pilihan pertama sebanyak 4.074 dan pendaftar yang memilih UM sebagai PTN kedua sebanyak 5.281. Namun pendaftar paling kecil diraih Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dengan total pendaftar di keempat prodi FIK sebanyak 1.595.

Sementara dari hasil rekapitulasi pendaftar SNMPTN di UIN juga terjadi peningkatan. Jumlah peminatnya sendiri sekitar 6.881 calon mahasiswa namun yang melakukan pendaftaram sebagai calon mahasiswa UIN mencapai 5.362 pendaftar. Untuk tahun ini naik dibanding tahun 2017 yang sebanyak 4.418.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama  (AAKK), UIN Drs.H.Achmad Heru A.H,M.Si menjelaskan, para pendaftar yang memilih UIN sebagai pilihan PTN pertama sebesar 1.993. Dan para calon mahasiswa yang mendaftarkan UIN sebagai PTN kedua sebanyak 3.369.  Prodi terfavorit para pendaftar adalah prodi manajemen dari Fakultas Ekonomi sebanyak 1.131. Untuk prodi dengan jumlah peminat yang kecil adalah  prodi matematika, sebanyak 272 pendaftar.

Penyunting : NR2
Copy Editor : Abdul Munthalib