Pencurian Kayu Sonokeling di Kabupaten Malang Kembali Digagalkan

MALANG – Kasus illegal loging memang menjadi kasus menahun yang susah untuk dimusnahkan. Selalu ada saja tersangka baru kasus ini yang terungkap, kali ini adalah Sutikno, pria 32 asal Blimbing Kota Malang ini harus ditangkap Polsek Pagak karena kedapatan menebang pohon dalam kawasan hutan yang seharusnya dilindungi.

Pembalakan liar yang ia lakukan dengan cara menggergaji kayu sono keling dengan panjang 6 meter menggunakan gergaji tangan dan diangkut dengan gledekan kayu.

Perbuatan ini dilakukan tersangka Sutikno pada Sabtu, (20/7) lalu jelang waktu Shalat Isya’ di petak 8D RPH Sengguruh, Dusun Bekur, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Petugas RPH Sengguruh bersama Unit Reskrim Polsek Pagak pun berhasil menindak pelaku saat dia melakukan penebangan pohon jenis sono keling tersebut dikawasan hutan.

“Perbuatan tersangka ini jelas menyalahi aturan, makanya kami tangkap,” papar Kanit Reskrim Polsek Pagak, Aiptu Yustiar Iwantoko.

Satu pohon berjenis sono keling dengan ukuran 6 meter berhasil dibawa dan dibabat pelaku Sutikno sebelum akhirnya ia ditangkap oleh Polsek Pagak.



Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah mengatakan atas kejadian ini, pihak perhutani harus mengalami kerugian jutaan rupiah. “Karena perbuatan tersangka pihak Perhutani harus merugi sebesar Rp 7.500.000,” tutupnya.

Pelaku pun harus ditindak karena melanggar Pasal 12 huruf C UU No 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah