Penasaran Apa itu Musik Folk ? Ini Jawabannya…

MALANG KOTA – Suka dengar lagu-lagu Banda Neira? Stars and Rabbit? atau Rubah Di Selatan . Mereka menghasilkan karya lagu-lagu dengan genre folk. Musik folk di indonesia saat ini memang berkembang pesat. Tidak jarang bermunculan musisi baru yang mengusung genre ini. Lalu pasti kita akan bertanya-tanya, apa itu musik folk sebenarnya?

Musik folk merupakan musik yang berakar pada musik tradisional yang penuh dengan kesederhanaan dan keseharian dalam lagunya.

Dalam meramu musik itu sendiri terdapat banyak unsur-unsur tradisi dan kebudayaan yang menawarkan kesederhanaan atau musik bersahaja yang dibawakan dengan santai beriring sendu, acapkali mengandung emosi yang menggebu-gebu.

Sisi-sisi tradisional dan kontemporer dalam folk musik dikemas dengan porsi yang beragam, sesuai kebutuhan, sehingga membentuk karakter musik yang diinginkan oleh musisinya.

Penggunaan alat-alat musik digital sangat diminimalisir, sehingga ketika mendengarkan Folk, bunyi-bunyian alat musik analog terasa sangat kental. Oleh karena itu, Folk sering dilambangkan dengan gitar akustik, ukulele, akordion, harmonika dan lainnya.

Folk di Indonesia mulai didokumentasikan sejak zaman Gordon Tobing di era 1960-an, diteruskan Kwartet Bintang, Noor Bersaudara, Prambors, Trio Bimbo dan Geronimo. Memasuki era 70-an dan 80-an muncul Iwan Falls, Ebiet G. Ade, Franky and Jane dan banyak lagi.

Pada era sekarang ini Folk Music di Indonesia menjadi lebih berwarna. Sosok Payung Teduh dengan warna Keroncong Folk, Autette And The Poldska Seeking Carnivals dengan Western Folk Carnival, kemudian ada Float, Dialog Dini Hari, Teman Sebangku, Deugalih and Folks, Tiga Pagi, Nada Fiksi, Mr. Sonjaya, Banda Neira, Afternoon Talk dan Rubah Di Selatan.

Dengan eksisnya musik folk di tengah-tengah masyarakat Indonesia, maka cara yang mengapresiasi musik folk juga untungnya masih ada hingga sekarang. Apakah kamu ingin menikmati folk musik di tengah-tengah padatnya aktifitas dengan konsep dan nuansa yang beda ?  Tertarik ?

Pewarta : Deka Adrianto U