Penanganan Tumor Mbah Sumo di Solo Gratis Sinergi Jawa Pos

‘’Stadium tumor yang diderita belum dapat dipastikan. Menunggu hasil pemeriksaan biopsi yang diperkirakan hasilnya keluar Rabu depan (8/11),’’ kata Kadinkes Kabupaten Madiun dr Soelistyo Widyantono.

Menurut Soelis, Sumo dibawa ke RS Moewardi Solo sejak Senin lalu (30/10). Sebelumnya dia sempat dirawat di RSUD Soedono Kota Madiun. Namun lantaran benjolan yang diderita terlampau besar akhirnya Sumo dirujuk ke Solo. 

‘’Apakah di Solo nanti harus dioperasi atau tidak, kami juga belum tahu,’’ ungkapnya.

Sejak sampai di RS Moewardi, Sumo langsung mendapatkan penanganan dari pihak rumah sakit. Setelah diperiksa tim medis, Sumo diperbolehkan pulang. 

Namun, karena tempat tinggalnya jauh, dia bermalam di rumah singgah PMI Solo. Terlebih, Sumo harus kembali lagi ke RS untuk menjalani pemeriksaan biopsi hari Selasa (31/10). 

‘’Kami pastikan gratis. Karena sudah ter-cover BPJS (Badan Penyedia Jaminan Sosial),’’ paparnya.

Menurut Soelis, penanganan pasca pengobatan di RS Moewardi nantinya menunggu hasil final. Sebab, jika tumor di punggung Sumo itu sudah ganas dan menyebar ke jaringan lain, maka harus menjalani kemoterapi atau radioterapi. 

Jika sudah mencapai fase ganas, penanganannya bakal berbeda. Tidak tertutup kemungkinan benjolan itu bakal tumbuh kembali setelah diangkat. 

‘’Hasilnya tergantung Rabu nanti,’’ ungkapnya.

Dikatakan Soelis, penanganan Sumo memang tidak bisa sepihak dari dinkes. Mengingat dia hidup sebatang kara tanpa tempat tinggal. 

Sehingga dia bekerja sama dengan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Gemarang. Sumo juga termasuk warga dengan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). 

‘’Sekarang sudah tertangani, belum terlambat,’’ katanya.

Diakui Soelis, semula benjolan di punggung Sumo hanya sebesar telur bebek. Lantaran tidak diperiksakan, akhirnya tidak tertangani secara dini. Benjolan terus membesar hingga sebesar kelapa. 

‘’Jika ada benjolan tidak biasa di tubuh, segera periksakan. Agar bisa diketahui benjolan apa itu,’’ tukasnya.

(mn/sib/bel/sib/JPR)