Pemuda Ini Lakukan Aksi Pencurian di Tempatnya Bekerja, Tanpa Sadar Aksinya Terekam CCTV

KOTA MALANG – Dikhianati. itulah yang mungkin dirasakan pemilik Warung Bebek Gembira di Jalan MT Haryono. Sebab, warung itu justru jadi sasaran kejatahan karyawannya sendiri, FAM, 23.

FAM yang merupakan warga Jalan Plaosan Barat tidak beraksi sendiri. Dia mengajak temannya, DM, 24.

Aksi pencurian itu berawal di bulan Juli. Yakni, ketika salah satu kawan FAM menemukan kunci warung di gudang ruko lantai 2.

FAM lantas meminta kunci itu. Dia berdalih ingin mengamankan kunci tersebut. Namun dari situlah, pikiran jahatnya bermula.

“Pada 7 September 2019, tersangka FAM mendatangi temannya yakni tersangka DAM untuk merencanakan pencurian. Selanjutnya Selasa, 10 September keduanya melakukan aksinya pada dini hari,” ujar Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander saat rilis di Mapolres, Senin (18/11).

Keduanya lantas membobol warung menggunakan kunci ruko yang telah dipegang. Sasarannya adalah meja kasir. Sejumlah barang pun mereka ambil

Mulai dari 3 unit handphone, 1 unit proyektor dan uang tunai Rp 3 juta.

Setelah menggasak barang-barang itu, mereka mengunci kembali pintu warung. “Diperkirakan kerugian total Rp 10 juta,” tambah Dony.

Meski sudah setahun bekerja, FAM ternyata tidak tahu, atau mungkin lupa bahwa warung tersebut telah dipasang CCTV.

Berkat CCTV itulah, aksi keduanya bisa dibongkar.

Akibat perbuatannya, keduanya bakal dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Hukuman yang mengancam adalah pidana penjara 5 tahun.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu

Editor : Indra M