Pemohon Paspor Meningkat, Kantor Imigrasi Tambah Hari Layanan

JawaPos.com – Jumlah penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang mengalami peningkatan selama 2018. Untuk buku paspor Warga Negara Indonesia (WNI) 48 halaman, Kantor Imigrasi telah menerbitkan 43.485 buku. Padahal pada 2017 hanya menerbitkan 42.457 buku.

Melihat tingginya animo masyarakat yang mengajukan permohonan, Kantor Imigrasi melakukan penambahan hari pelayanan, yakni setiap hari Sabtu. Tambahan pelayanan tersebut dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang mulai tanggal 29 Desember hingga 19 Januari mendatang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Novianto S mengatakan, penambahan waktu pelayanan ini merupakan rangkaian bakti pada masyarakat sebagai peringatan Hari Ulang Tahun Kantor Imigrasi ke-69.

“Ini salah satu kegiatan bakti masyarakat dengan memberikan pelayanan di hari libur, yakni Sabtu atau Minggu. Untuk di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, kami pilih memberikan layanan di hari Sabtu,” ujar Novianto.

Dia menyampaikan, untuk pelayanan di hari Sabtu , dikhususkan bagi masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor dengan datang langsung ke kantor. Pasalnya, layanan ini tidak berlaku bagi warga yang menggunakan antrean online. 

“Itu (pelayanan hari Sabtu) tidak menggunakan antrean online, tetapi langsung datang ke kantor untuk antre seperti biasa,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan batasan kuota bagi masyarakat yang akan membuat paspor. “Dibatasi hanya 50 orang saja. Kalau sudah mencapai kuota, masyarakat bisa membuat permohonan di hari-hari biasa,” kata.

Layanan ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

(fis/JPC)