Pemkot Sulap Gedung PDAM Jadi Bioskop

MALANG KOTA – Makin menggeliatnya perfilman lokal direspons Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dengan menyiapkan fasilitas yang terbilang keren. Ya, gedung PDAM lama di Kecamatan Blimbing akan disulap menjadi bioskop. Tak hanya itu, anak-anak muda kreatif Kota Malang juga bisa memanfaatkan fasilitas Malang Creative Center (MCC) yang dibangun di lokasi yang sama.

Untuk mewujudkan MCC dan gedung bioskop itu, Pemkot Malang siap mengucurkan dana Rp 185 miliar. Pemkot Malang akan membangun bioskop tersebut untuk pemutaran film karya arek Malang, sebagai bentuk apresiasi atas karya sineas lokal. ”Bioskopnya nanti dibangun di kawasan MCC,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji kepada wartawan kemarin (30/8).

Karya animasi garapan arek Malang yang sudah ada, kata Sutiaji, akan didata dan dipajang di bioskop tersebut. Sejumlah film garapan arek Malang menurutnya masih banyak yang belum dirilik di kancah perfilman nasional. ”Kami akan memberi ruang agar masyarakat luas juga tahu anak-anak Malang punya bakat di sini,” imbuhnya.

MCC, sambung Sutiaji, tidak hanya menyediakan bioskop. Sebagaimana perencanaan Pemkot Malang, juga akan dilengkapi studio pembuatan film. Pihaknya berjanji memberikan keleluasaan menyalurkan kreativitas di dunia perfilman. ”Tidak hanya satu, mungkin 2–3 studio bioskop. Termasuk studio ruangan animasi juga akan ada,” kata pria kelahiran Lamongan itu.

Rencana tersebut menurutnya bisa segera terealisasi. Saat ini progres pembangunan MCC masih dalam penyempurnaan detail engineering design (DED) untuk amdal lalin. Sutiaji menyebut, rencana pembangunan MCC menjadi 8 lantai, dari yang semula direncanakan 4 lantai. ”Kan ada permintaan tambahan lantai,” ucapnya.

Sutiaji juga menyebut, rencana itu masih perlu pematangan terkait izin ketinggian dari landasan Bandar Udara Abdulrachman Saleh. ”Karena kan tinggi bangunan harus menyesuaikan dengan kawasan keselamatan operasional. Katanya maksimal sepuluh lantai,” pungkasnya.

Pewarta : Fajrus Shidiq
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Ahmad Yani