Pemkot Makassar Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mempersiapkan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda. Bantuan logistik akan dikirimkan setelah berkoordinasi dengan posko pusat.

“Sementara kami koordinasi. Apalagi Pemprov DKI juga sementara turun. Tapi kalau bantuan kami otomatis. Itu otomatis pasti akan kami salurkan,” kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Selasa (25/12).

Bantuan logistik berupa makanan, pakaian hingga obat-obatan akan disalurkan dalam waktu dekat. Mengingat seluruh korban hingga sekarang masih bertahan di sejumlah posko pengungsian.



Pejabat yang akrab disapa Danny Pomanto itu kemudian menyontohkan saat bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Saat itu, pemerintah turun langsung untuk mendistribusikan bantuan kepada korban yang membutuhkan.

Kini, bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda sudah terkumpulkan. Tidak menutup kemungkinan, metode pendistribusian bantuannya sama seperti saat bencana di Sulteng. “Itu pasti dan sekarang kami tunggu petunjuk. Kalau memang secepatnya dibutuhkan, akan langsung kami distribusi,” tambah Danny Pomanto.

Atas nama pemkot serta seluruh masyarakat Makassar, Danny turut berbelasungkawa terhadap seluruh korban. Baik yang meninggal dunia maupun luka-luka. Orang nomor satu dalam jajaran Pemkot Makassar itu mengagendakan menggelar doa dan zikir akbar pada malam pelaksanaan pergantian tahun mendatang.

“Insya Allah kami ajak saudara-saudara di sini (Makassar) untuk mendoakan seluruh saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana. Semoga amal ibadah seluruh korban selalu mendapatkan tempat yang layak,” ucap Danny.

(rul/JPC)