Pemkot Kurangi Bunga Lampu di Taman Tugu

MALANG KOTA – Sebagian bunga di Taman Tugu terpaksa bakal dicabut. Tapi bukan bunga beneran, tapi bunga plastik yang selama ini dimanfaatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mempercantik Taman Tugu. Alasannya, karena keberadaan bunga plastik lebih banyak menyedot anggaran.

Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menyatakan, pihaknya sengaja mengurangi bunga plastik di Taman Tugu dalam waktu dekat. Perawatan bunga tersebut menurutnya kurang efektif dan memakan anggaran.

Nantinya akan diganti dengan hiasan lain atau tanaman asli. ”Itu biayanya lebih besar timbang lampu lainnya, bunga plastik itu kan lampu. Kurang efisien karena perawatannya lumayan mahal,” tuturnya. Namun, Diah enggan membeber berapa anggaran yang tersedot untuk perawatan dan listrik lampu bunga plastik itu tiap bulannya.

Dari penghitungan timnya, bunga plastik akan digantikan dengan lampu LED hemat energi. Untuk listrik menurutnya lebih efisien, selain itu pihaknya juga menyiapkan tamanan bunga yang indah beragam. ”Nanti bunganya beneran. Akan kami perbanyak ragamnya biar pesan edukasi mengenal bunga juga tersampaikan,” kata perempuan yang juga menjabat di Asisten II Pemkot Malang itu.

Pewarta : Fajrus Shidiq
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Ahmad Yani
Fotografer : Rubianto