Pemkot Batu Targetkan Tiap Desa Punya

KOTA BATU – Perwujudan diri sebagai destinasi wisata budaya terus digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Ya, Dinas Pariwasata (Disparta) tengah memberikan pemahaman kepada masyarakat di Kota Batu untuk sadar budaya.

Guna merealisasikan hal itu, tahun 2019 ini Disparta menargetkan program satu desa satu sanggar. Namun, hingga kini baru ada dua sanggar tang terdaftar. Yakni Desa Torongrejo dan Desa Beji, Kecamatan Junrejo saja.

“Ini masih kita rencanakan, yang jelas kami mengikuti mandat Pemkot Batu untuk memberdayakan kebudayaan. Kami masih melakukan pendataan,” ujar Plt Kepala Disparta Kota Batu, Imam Suryono.

Menurutnya untuk merealisasikan adanya sanggar di setiap desa tidaklah mudah. Terlebih, untuk menggaet kaum remaja terlibat dalam kesenian budaya ini juga menjadi target khusus.

“Kita masih menyiapkan SDM nya, apalagi kaum remaja ini cukup sulit. Membangun minat muda-mudi untuk tertarik pada kesenian itu tidak mudah, dan ini juga yang seharusnya menjadi fokus pemkot nantinya,” pungkasnya.



Pewarta: Arifina
Foto: Arifina