Pemkot Batu Gratiskan Angkutan Umum Khusus Anak Sekolah

KOTA BATU – Maraknya siswa sekolah di Kota Batu yang mengendarai sepeda motor tanpa memiliki surat izin mengemudi (SIM) menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Untuk meminimalisir pelajar pemotor tanpa SIM, pemkot membuat program angkutan umum gratis bagi anak sekolah.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyatakan fasilitas angkutan gratis ini sebagai salah satu bentuk menanggulangi angka kecelakaan di Kota Batu yang umumnya terjadi pada anak sekolah.

“Mereka akan lebih aman jika naik angkutan saat pergi sekolah. Bagi yang tidak memiliki SIM juga tidak perlu khawatir kena tilang dari kepolisian nantinya,” ujarnya.

Hadirnya angkutan gratis ini masih akan dikaji lebih mendalam, mengingat jumlah siswa sekolah dang angkutan umum di Kota Batu belum terdata dengan pasti.


“Kita masih akan kaji, akan di data dulu. Angkutan yang ada di Kota Batu ini berapa banyak, siswa sekolah ini juga nanti yang akan mengikuti berapa banyak. Yang pasti kita nanti akan berlakukan pelarangan membawa motor sendiri ke sekolah,” imbuhnya.

Dengan memanfaatkan angkutan umum di Kota Batu, Punjul berharap perekonomian supir angkot lebih terkondisikan dengan lebih baik. Apalagi, melihat kondisi angkutan umum saat ini banyak yang kesusahan mencari penumpang.

“Mereka jadi ada pemasukan, jam berangkat dan pulang sekolah paling tidak sudah pasti mendapat pemasukan. Selebihnya jika masih mau mengambil penumpang lain di luar jam sekolah juga tidak apa-apa, menambah penghasilan mereka nanti,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia