Pemkot Batu Ancang-Ancang Bangun SMP Negeri Baru, Sekolah Swasta Was-was

KOTA BATU – Rencana Pemkot Batu mendirikan SMP Negeri 7 Kota Batu di Kecamatan Junrejo mendapatkan reaksi dari sekolah-sekolah swasta.

Sekolah swasta khawatir, keberadaan SMPN 7 Kota Batu membuat mereka makin sulit mencari siswa baru.

Karena itulah, Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kota Batu Takim berharap ada dialog dengan Pemkot Batu dan DPRD Kota Batu.

“Kami limpahkan ke BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Swasta). Upaya kami tempo hari agar pemkot bisa meninjau kembali pembangunan sekolah baru, sap,” jelas Takim.

Sementara itu Agus Harianto Kepala BMPS Kota Batu membenarkan bahwa Ketua MKKS SMP Swasta Kota Batu telah melakukan audensi dengan dirinya.



BMPS kata dia, diminta untuk mengambil langkah menghadapi rencana pemkot membangun SMPN baru di Kecamatan Junrejo. Ia menerangkan setidaknya ada 25 yayasan se-Kota Batu yang nantinya akan bermusyawarah dengan Wali Kota Batu dan DPRD Kota Batu.

“Setidaknya pihak pemkot mau meninjau kembali kebijakan tersebut. Kasihan sekolah swasta sampai harus tutup karena adanya sekolah baru,” ucap Agus.

Ia menambahkan dirinya akan mengadakan rapat antar ketua yayasan pada malam ini. “Untuk tempatnya kami masih belum tahu,” jelasnya.

Terpisah, Farida Hanifah Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Batu enggan berkomentar ketika dikonfirmasi oleh radarmalang.id. “Tapi kemarin memang sudah ada pembahasan pembuatan Kerangka Acuan Kerja (KAK) terkait pembangunan SMP tersebut,” ujar Ida.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Elfran Vido (ilustrasi)
Editor : Indra M