Pemkot Bakal Ikutkan BPJS 1.571 Lansia

BATU –Tak hanya tunjangan berupa uang yang diberikan kepada lansia di Kota Batu. Namun, juga diberi bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako.

Kemarin dari 1.571 lansia di Kota Batu, ada 231 lansia yang menerima bansos di Rumah Dinas Wali Kota Batu, Jalan Panglima Sudirman. Praktis, ada 1.340 lansia yang tidak mendapatkan bansos berupa paket sembako. Namun, ribuan lansia ini mendapatkan tunjangan Rp 500 ribu tiap bulan.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para lansia. Jadi, bansos tersebut bisa untuk menambah kebutuhan sehari-hari.

”Mudah-mudahan, ini bisa jadi kebahagiaan mereka untuk tambahan makanan,” harap politikus PDIP ini usai memberikan bansos kemarin.

Menurut dia, pihaknya juga berpesan kepada para lansia yang belum memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan untuk melapor ke kelurahan atau desa.

Jadi, pihak desa dan kelurahan bisa segera mendata. ”Pemkot ada anggaran tambahan dana cukai rokok untuk BPJS,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri mengatakan, bantuan ini sifatnya sekali tiap tahun. Artinya, bisa saja lansia yang sudah mendapat bantuan di tahun ini, belum tentu mendapatkan lagi di tahun berikutnya.

”Kalau bantuan sosial itu berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh desa dan kecamatan setiap tahun,” ungkap dia. Sedangkan dalam kegiatan kemarin juga turut hadir Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Sekkota Batu Zadim Effiensi.

Pewarta : nr6
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Imam Nasrodin