Pemkab Siapkan Lima Cluster Wisata

Pemkab Malang terus memutar otak untuk memaksimalkan potensi pariwisata di wilayahnya. Terbaru, pemkab bersiap menyusun pemetaan kawasan wisata. Nantinya dibentuk cluster-cluster khusus, disesuaikan dengan jenis wisata masing-masing. Bupati Malang Rendra Kresna dalam Seminar Pendidikan Pariwisata di Pendapa Agung Kabupaten Malang kemarin (30/3) menjelaskan detail rencana tersebut.

KEPANJEN – Pemkab Malang terus memutar otak untuk memaksimalkan potensi pariwisata di wilayahnya. Terbaru, pemkab bersiap menyusun pemetaan kawasan wisata. Nantinya dibentuk cluster-cluster khusus, disesuaikan dengan jenis wisata masing-masing. Bupati Malang Rendra Kresna dalam Seminar Pendidikan Pariwisata di Pendapa Agung Kabupaten Malang kemarin (30/3) menjelaskan detail rencana tersebut.

Dia  menjelaskan, nantinya ada beberapa konsep cluster wisata yang bakal disusun. Ada jalur senja, jalur surya, jalur utara, jalur ombak, dan jalur bintang. ”Dengan adanya cluster-cluster ini, kami bisa tahu dan menyesuaikan rekomendasi wisata sesuai yang diinginkan wisatawan. Misalnya ingin berwisata ke kawasan gunung berapi, maka akan kami arahkan ke jalur surya yang merupakan wisata volcano,” papar Rendra.

Begitu juga jika wisatawan ingin mengunjungi objek wisata laut, maka bisa diarahkan menuju jalur ombak. Nantinya, peta kawasan wisata tersebut bakal memuat detail jalur yang bisa dilewati. Lengkap dengan informasi varian destinasi di sepanjang jalur tersebut. Peta wisata sesuai cluster tersebut nantinya bakal disajikan dalam berbagai bentuk. Yang paling sederhana, disajikan dalam bentuk brosur dan disebar di setiap tourism information center (TIC). Berikutnya juga bakal dilampirkan di website resmi Pemkab Malang. ”Peran serta masyarakat juga penting dalam hal ini,” sambung Rendra.

Rencana itu pun mendapat dukungan dari anggota Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam yang turut hadir dalam kegiatan kemarin. Politikus dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini menilai paket wisata di Malang Raya sudah cukup kompleks. ”Sekarang kuncinya harus fokus, misal di Kabupaten Malang pantainya yang ingin diangkat, maka semua stakeholder harus mencari identitas yang bisa ditonjolkan sehingga benar-benar menjadi karakter yang identik dengan Kabupaten Malang,” papar dia. Karakteristik kuat itulah yang menurutnya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Baik dari dalam maupun luar negeri.

pewarta : Farik fajarwati
penyunting :Bayu Mulya
copy editor :Dwi Lindawti
foto :Farik Fajarwati