Pemkab Seriusi Riset Padi Hibrida

KEPANJEN – Bidang pertanian coba dikembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Pasca kunjungan ke Tiongkok pada 29 Juli lalu, tepatnya ke Maize Research Institute Shandong Academy of Agricultural Scienses (MRI SAAS) di Provinsi Shandong, Plt Bupati Malang  H.M.

Sanusi langsung mempersiapkan sejumlah konsep pengembangan. Dia menuturkan bila pihaknya juga mengajak serta Universitas Islam Malang (Unisma).

”Setelah pertemuan ini, kami akan buat kesepakatan dengan MRI SAAS, mereka akan melakukan riset di Indonesia. Nah, untuk memfasilitasi itu kami bekerja sama dengan Unisma,” kata dia.

Sebelumnya, riset secara mandiri telah dilakukan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP). Teknisnya berupa penanaman benih padi jenis brang biji, atau padi jenis hibrida di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari.

”Kalau sebelumnya 1 hektare sekarang kami tambah menjadi 30 hektare di Singosari juga,” ujarnya. Bersama-sama dengan Unisma, dia menuturkan bahwa uji coba tanaman pertanian seperti jagung dan padi juga akan dilakukan di lahan milik kampus hijau tersebut. Lokasinya tersebar di Kecamatan Ngajum dan Kecamatan Turen. 



Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Limdawati
Penyunting : Bayu Mulya