Pemkab Malang Raih Dua Penghargaan di Bidang Pariwisata, Apa Saja?

KABUPATEN – Ingin tahu wisata alam terbaik di Jawa Timur? Datanglah ke Kabupaten Malang. Wilayah yang dipimpin Bupati Malang Rendra Kresna itu memiliki Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna.

Berkat keberhasilannya mengelola CMC Tiga Warga, Senin lalu (20/11) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang meraih dua penghargaan sekaligus di bidang pariwisata. Yakni, penghargaan sebagai wisata alam terbaik dan apresiasi komitmen pemerintah terhadap sektor wisata di Jatim.

Penghargaan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jatim itu langsung diterima oleh Bupati Malang Rendra Kresna dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Made Arya Wedhantara di Hotel Mercure Grand Surabaya. Menurut Rendra, CMC Tiga Warna menjadi kawasan wisata alam terbaik se-Jatim karena menajemen pengelolaannya sangat baik.

”Terutama karena konsep ekowisatanya (di CMC Tiga Warna) yang sangat menonjol. Bukan hanya masyarakat, tapi wisatawan juga diajak untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Rendra saat ditemui di sela-sela agenda koordinasi perpustakaan desa dan kecamatan kemarin (21/11).

Selain menjadi kawasan konservasi, pesisir yang segaris dengan bibir pantai Sendangbiru ini dalam kurun waktu tiga tahun belakangan juga menjadi destinasi pariwisata paling hit di antara bibir pantai lain di Malang Selatan. Kawasan CMC Tiga Warna meliputi Pantai Clungup, Gatra, Sapana, Mini, dan Batu Pecah. Selain digunakan sebagai lahan konservasi mangrove, kelimanya juga dimanfaatkan sebagai kawasan ekowisata.

Rendra menambahkan, apresiasi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas sinergitas antara masyarakat dan pemerintah dalam mengelola tempat wisata.

”Bicara soal pariwisata, bukan sekadar tentang menyediakan tempat hiburan, tapi juga program yang bersifat pendampingan maupun intervensi dalam bentuk lainnya. Jadi, tempat tersebut (CMC Tiga Warna) menjadi destinasi wisata yang dikenal masyarakat luas,” kata suami dari Jajuk Sulistyowati tersebut.

Terpisah, Kadisparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara menambahkan, Pantai Clungup mendapatkan penghargaan kategori wisata alam terbaik dan menyisihkan 38 kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Timur.

Atas prestasi tersebut, 2018 mendatang Made akan mempromosikan Pantai Clungup sebagai salah satu destinasi wisata alam unggulan di Jatim.

”Pemprov akan ikut mempromosikan (Pantai Clungup) di pameran yang dilaksanakan di dalam maupun luar negeri,” kata Made. Menurut Made, keindahan Pantai Clungup setara dengan Raja Ampat, Papua, yang pesonanya telah mendunia.

Selain Kabupaten Malang, Batu Flower Garden (BFG) Kota Batu juga meraih penghargaan kategori wisata buatan terbaik. Penghargaan yang diterima Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Batu Punjul Santoso pada Senin lalu (20/11) karena BFG dinilai mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar.

”Karena dinilai bisa meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,” kata Manajer BFG Kota Batu Sonny Soprantyo saat dikonfirmasi kemarin.

Menurut Sonny, sebanyak 90 persen dari 150 karyawan di BFG adalah warga sekitar. Termasuk pangkalan ojek wisata yang didominasi warga setempat. ”Ojek itu atas inisiatif warga sendiri,” terang pria asal Dampit, Kabupaten Malang, ini.

Dia menambahkan, penghargaan tersebut diharapkan bisa memotivasi karyawan untuk terus meningkatkan layanan, terutama dalam hal inovasi. Jadi, wisatawan yang berkunjung terus meningkat setiap hari. ”Ini akan menjadi tantangan buat kami agar terus maju,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke BFG rata-rata mencapai 200 orang pada hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan, rata-rata pengunjungnya mencapai 800–1.000 orang.

Pewarta: Farik Fajarwati & Imam Nasrodin
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati