Pemkab Ajak Unmer Kembangkan Pariwisata

MALANG KOTA – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang mengajak para mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka (FEB Unmer) Malang untuk ikut serta mendorong pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Malang. Sebab, banyak sekali potensi pariwisata yang masih bisa dikembangkan.

”Kabupaten Malang memiliki 378 desa dan 12 kelurahan yang siap dikembangkan sesuai dengan potensinya masing-masing. Pemerintah Kabupaten Malang dalam melakukan pengembangan pariwisata menekankan kepada wilayah pedesaan yang di dalamnya terdapat pegunungan dan pantai,” terang Kepala Bappeda Kabupaten Malang Ir Tomie Herawanto MP dalam kuliah tamu yang digelar di Unmer kemarin (13/11).

Menurut Tomie target Kabupaten Malang mulai saat ini hingga 2021 adalah mewujudkan tiga strategi. Yaitu, optimalisasi pariwisata, penurunan angka kemiskinan, dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Untuk itu, diharapkan peran serta mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dapat didasarkan kepada kebutuhan Kabupaten Malang.

Bappeda sudah memiliki perencanaan terkait optimalisasi infrastruktur Kabupaten Malang sebagai jantung pariwisata di Jawa Timur, seperti pembangunan bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional. Lalu, pengoperasian tol Pandaan–Malang sebelum Hari Raya Idul Fitri 2018, dan proyek yang menyambungkan tol dari Kota Malang menuju Jalur Lingkar Selatan (JLS).

Tomie juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa Unmer Malang, khususnya yang mengambil program studi Ekonomi Pembangunan, untuk melakukan kajian ilmiah bersama dengan Bappeda dan instansi lainnya guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang.



Dekan FEB Dr Rudy Wahyono SE MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa FEB Unmer Malang turut memberikan kontribusi kepada pembangunan pariwisata di Kabupaten Malang. Salah satu contohnya adalah bekerja sama dengan dinas pariwisata terkait pengembangan desa wisata Mulyorejo di Kecamatan Ngantang. Berikutnya, ada penjajakan potensi wisata Bon Pring di Kecamatan Turen, dan pemandian Wendit.

Penyunting : Kholid Amrullah
Copy Editor : Arief Rohman
Foto: Falahi Mubarok