Pemindahan ASN Pusat ke IKN, Begini Strategi Kemenpan-RB

Pemindahan ASN Pusat ke IKN, Begini Strategi Kemenpan-RB - JPNN.com

Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo untuk menyurvei ASN yang mau pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Menteri Tjahjo mengatakan, pelaksanaan survei itu belum dilakukan karena jajarannya masih mempersiapkan tahapan untuk melakukan pendataan ASN kementerian dan lembaga di lingkungan pemerintahan pusat.

“Sekarang lagi tahap pemetaan ASN di kementrian lembaga nasional,” kata Tjahjo ketika dikonfirmasi jpnn.com, Jumat (17/1).

Sebelum melakukan survei,Kemenpan-RB akan mendata berapa banyak pegawai pusat yang akan pensiun periode 2023-2024.

“Tahap berikutnya baru dicek yang memasuki pensiun berapa tahun 2023-2024. Kemudian yang ada akan dikoordinasikan dengan sekjen/sesmen kementerian lembaga untuk inventarisasi nama, jabatan dan kompetensinya apa yang bisa ikut tugas di ibu kota negara baru,” katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyatakan seluruh ASN pusat akan dipindah ke IKN. Namun dirinya meminta dilakukan survei terlebih dulu terhadap para pegawai tersebut.

“Pindah semua langsung. Itu sudah saya perintahkan kepada Menpan untuk menyurvei dulu, pengin enggak pindah, berapa persen, harus tahu,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1).(fat/jpnn)