Pemimpin Yang Dimurkai

Spirit Qolbu AA Gym

Ada satu sikap seorang pemimpin yang begitu dibenci Allah SWT. Sikap apakah itu?

Pemimpin yang baik tak cukup hanya terampil memberikan instruksi kepada bawahannya, bukan hanya ahli memberi hukuman, juga bukan yang hanya jago membakar semangat untuk kerja, kerja, dan kerja. Melainkan ada yang jauh lebih penting dari itu semua, yaitu keterampilan memberi keteladanan, memberi contoh yang baik secara nyata.

Ada seorang pemimpin yang berorasi mengajak yang dia pimpin untuk bekerja disiplin, sedangkan dirinya sendiri berleha-leha di kantor. Ada pemimpin yang menggebu-gebu berteriak agar semua orang menjauhi perbuatan korupsi, tapi malah dia yang digiring polisi karena memanipulasi anggaran. Ada pemimpin yang dengan fasihnya mengajak yang dia pimpin untuk menjaga kebersihan, tapi dirinya malas menyapu mejanya sendiri.

Allah SWT berfirman, ”Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. Ash Shaff [61] : 2-3)

Saudaraku, jika Allah menakdirkan kita sebagai seorang pemimpin, marilah kita ikuti apa yang telah Rasulullah SAW contohkan kepada kita. Beliau senantiasa menjadi orang yang pertama mengamalkan kebaikan sebelum mengajak orang lain untuk melakukannya. Keberhasilan seorang pemimpin adalah berbanding lurus dengan sebaik apa dia memimpin dirinya sendiri. Kegagalan seorang pemimpin dalam memimpin sesungguhnya disebabkan kerapuhan dia dalam memimpin dirinya sendiri.



Setiap pemimpin mendambakan orang-orang yang dipimpinnya menjadi orang-orang yang jujur, disiplin, bertutur kata dan bersikap baik. Maka semua itulah yang perlu dia lakukan sebelum orang-orang yang dipimpin melakukannya. Kepemimpinan adalah amanah dari Allah. Semoga kita yang sedang diamanahi kepemimpinan termasuk para pemimpin yang senantiasa memberi keteladanan dan mendapat rida Allah SWT. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

Oleh: AA Gym
Penyunting: Abdul Muntholib
Grafis: Andhi Wira