Pemilu Pakistan: Mantan Atlet Kriket di Atas Angin

Pemilu Pakistan: Mantan Atlet Kriket di Atas Angin - JPNN.COM

jpnn.com, ISLAMABAD – Kendati diwarnai ledakan bom dan bentrokan berdarah, pemungutan suara di Pakistan berjalan lancar. Kemarin, Rabu (25/7), tepat pukul 18.00 waktu setempat, TPS-TPS tutup.

Tapi, di beberapa lokasi, TPS masih melayani pemilih yang telanjur antre. ’’Ini hari yang sangat bersejarah. Kali pertama saya melihat perempuan-perempuan keluar dari rumah mereka untuk memberikan suara,’’ ujar Imran Khan, kandidat favorit perdana menteri selanjutnya.

Dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya, kali ini tingkat partisipasi kaum hawa memang meningkat. Dulu mereka enggan datang ke TPS dan ikut memilih, tapi kini tidak lagi.

Sampai menjelang pemungutan suara, partai Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), masih unggul. Namun, partai tersebut diyakini tidak akan menang telak.

Karena itu, untuk membentuk pemerintahan, PTI akan harus berkoalisi dengan partai lain. Kemungkinan terbesarnya, PTI akan berpartner dengan Partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) yang sekarang berkuasa. (bil/c7/hep)

 

Mengenal Imran Khan

– Lahir pada 5 Oktober 1952 di Lahore, Provinsi Punjab.

Sumber : Jawa Pos