Pemilu Makin Dekat, Ribuan Tahanan di Belum Punya E-KTP

KPU Kota Malang sebut ribuan tahanan belum punya e-KTP

KOTA MALANG – Jelang pesta demokrasi, sebanyak 3.119 tahanan lapas rupanya belum memiliki KTP elektronik (e-KTP). Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Malang, divisi teknis dan data, Deni Bachtiar.

“Dari total keseluruhan 3.622 tahanan, sekitar 3.119 yang belum memiliki e-KTP,” katanya dalam rapat koordinasi pendataan pemilih di lapas dan rutan dalam pemilu 2019 di kantor KPU Malang, Kamis (24/1).

Total tersebut, meliputi lapas kelas 1 Lowokwaru dan lapas wanita Sukun. Menurutnya lapas kelas 1 Lowokwaru termasuk lapas dengan tingkat warga binaan yang belum memiliki e-KTP tertinggi.

Dari total 3.010 narapidana di dalam lapas tersebut, baru sekitar 493 orang yang punya e-KTP. Sedangkan 2.517 orang belum melakukan perekaman.

Sementara itu, di lapas wanita Sukun ada 602 orang dari total 612 tahanan yang belum memiliki e-KTP. “Jadi yang baru punya e-KTP di lapas wanita Sukun baru 10 orang,” ujarnya

Karenanya, Deni berharap agar dinas terkait dapat segera mengatasi permasalahan tersebut. Khususnya, Dispenduk Kota Malang. Mengingat narapidana juga masih mempunyai hak suara agar tidak golput. “Semoga bisa clear dan siap semua tanggal 12 Marer nanti,” pungkasnya.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia