Pemeran Sejuta Buku di Malang, Pusatnya Buku Murah

MURAH: Sejumlah siswa SMP saat berkunjung dalam pameran buku di TKBJ, Kota Malang, beberapa hari lalu.
Ya Pameran, ya Kampanye Literasi

MALANG KOTA – Sekitar 250 penerbit dari seluruh Indonesia ”bersaing” di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ), Kota Malang. Dari Kamis (4/10) hingga Rabu (10/10), pameran dengan titel Pesta Sejuta Buku Malang yang disebut-sebut pameran buku terbesar di Kota Malang, dihelat.

Selain bertujuan meraup materi dari penjualan buku, menurut panitia Pesta Sejuta Buku Malang 2018 Intan Dita Wira, acara ini diharapkan bisa menebarkan minat baca. Karena inilah, tema acara yang diambil adalah Tiada Hari tanpa Buku. ”Apalagi, sekarang semuanya sudah serbacanggih. Kita harus lebih semangat lagi mengampanyekannya,” ucap perempuan berkulit putih itu.

Selain itu, di acara ini juga digelar banyak kegiatan, seperti diskusi dengan komunitas, bedah buku, aneka macam lomba, talkshow cara menerbitkan buku, dan aneka macam acara lain.

Dalam pameran ini, berbagai buku dipamerkan dan ditawarkan, mulai dari buku pelajaran, novel, pendidikan, sosial, politik, dan majalah. Mulai dari buku lawas dan buku baru ada di pameran ini .”Karena ini langsung dari penerbitnya, jadi ada diskon kalau beli bukunya. Sebesar 10% hingga 87%,” jelasnya.



Siswa SMPN 18 Kota Malang, Aulia Ramadhan, sangat senang dengan adanya pameran tersebut. Apalagi dirinya yang suka membaca buku fiksi itu menjadi mudah mendapatkannya. Dia berharap, kegiatan ini tidak hanya diadakan 1–2 kali saja. ”Apalagi banyak diskonnya, tambah senang saya. Bisa dapat buku kesukaan dengan harga yang murah meriah,” pungkas perempuan asal Lowokwaru itu.

Pewarta: Moh. Badar
Editor: Amalia
Penyunting: Irham Thoriq