Pembangunan Underpass Tersendat, Karanglo Masih Macet

Underpas Singosari belum tuntas

MALANG – Underpass Karanglo yang sejatinya dijadwalkan sudah bisa beroperasi seluruhnya H-7 sebelum Lebaran dipastikan molor dari jadwal. Tersendatnya target pengerjaan jalan bawah tanah ini pun berdampak pada masih macetnya perempatan Karanglo baik yang menuju Blimbing maupun Singosari. Hal tersebut umumnya terlihat saat menjelang maghrib, khususnya di bulan ramadan ini.

“Saat ini memang masih dalam tahap pengerjaan, jadi otomatis banyak kendaraan berat dan sedikit tersendat di underpass,” ujar Siswantono, Direktur Teknik PT. Jasamarga Pandaan Malang (JPM).

Untuk menyiasati hal tersebut, Siswantono mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Lantas Polres Malang sebagai upaya mengurangi kemacetan. Memang, saat radarmalang.id meninjau di sekitar lokasi, banyak petugas polisi yang berjaga untuk memantau kemacetan dan sebisa mungkin melakukan contra flow agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang panjang.

Pembangunan underpass Karanglo, Kabupaten Malang ini sendiri diakuinya sudah mencapai mencapai 85 persen dari total penyelesaian. Dimana sebelumnya proyek yang berkaitan dengan keberadaan jalan tol Malang – Pandaan lewat gerbang tol Singosari Malang menuju Pandaan tersebut targetnya selesai total pada pertengahan Mei 2019.

“Memang saat ini masih kita buka untuk satu jalur saja, jalur ke surabaya masih pengerjaan dinding,” tandasnya. Saat ini, jalur underpass bisa dilalui untuk satu jalur yaitu dari arah Malang menuju Surabaya, dan tidak sebaliknya.



Pengerjaan dinding ini juga bakal dilakukan secara bertahap. Bila di jalur Surabaya menuju Malang selesai, maka sebaliknya jalir Malang menuju Surabaya yang akan ditutup.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido