Pemanasan MTsN 2 Malang Menuju Green Madrasah

TUREN – Prestasi prestisius sukses diukir MTs Negeri 2 Malang. Setelah melewati serangkaian seleksi ketat, mereka akhirnya didapuk sebagai juara umum di ajang Sekolah Alam Adiwiyata (Salam) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang pada 16–17 Maret. ”Ada lima sekolah induk dan lima sekolah imbas Adiwiyata yang turut serta,” terang Kepala MTsN 2 Malang Maria Ulfah MPdI.

Sekolah induk yang mengikutinya yakni SMPN 1 Tumpang, SMPN 1 Wajak, SMPN 1 Sumberpucung, SMPN 2 Kepanjen, dan SMAN 1 Kepanjen. Sementara sekolah imbas Adiwiyata yang ikut serta ada SMPN 1 Pakis, SMPN 1 Wagir, SMP Islam Ngebruk, SDN 07 Kepanjen, dan MTsN 2 Malang sendiri. ”Sekolah-sekolah tersebut sudah melewati proses yang panjang untuk lolos menjadi peserta kemah ini,” sambung Ulfah.

Banyak materi lingkungan yang dilombakan dalam ajang tersebut. Di antaranya, materi pembuatan biopori, pemilahan sampah, pembuatan kompos, dan pengenalan keanekaragaman hayati.

Masing-masing sekolah yang mengikutinya berhak mengirimkan tiga perwakilan. Yakni, satu putra, satu putri, serta satu guru pendamping. Wakil dari MTsN 2 Malang yang diutus memang punya sederet prestasi sebelumnya.

Seperti M. Yusuf Iqbal yang sebelumnya pernah menjadi peserta terbaik dalam lomba peringatan Hari Sampah Nasional di Talangagung pada 21 Februari lalu.

Berikutnya ada nama Najwa El Kiromi. ”Kami serius untuk turut berpartisipasi menuju green madrasah. Dan ini adalah langkah awal kami untuk terus mengajari warga sekolah menghargai lingkungan,” tutup Ulfah.

Pewarta               : Nurhayati
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Nurhayati