Pemanah BWI Sumbang Emas Kontingen Jatim Sinergi Jawa Pos

BANYUWANGI – Kontingen Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Panahan Jawa Timur berhasil menjadi juara umum di ajang Kejurnas panahan antar-PPLP yang digelar pada 26-29 November kemarin (29/11). Di antara 14 pemanah andalan yang dikirim Jatim, satu di antaranya adalah atlet panahan asal Banyuwangi, yaitu Purwananda Prayoga.

Nanda, panggilan dari Purwananda ikut menyumbangkan 2 emas dan 3 perak dari total 24 emas, 22 perak, dan 2 perunggu yang berhasil dikumpulkan kontingen PPLP Jatim. Dua emas diraih Nanda dari kelas beregu compound putra dan divisi compound putra nomor aduan individu. Sedangkan sisanya tiga perak didapat dari sessi 1, sessi 2, dan total skor kualifikasi compound putra.

Hasil ini pun turut menambahkan deretan prestasi Individu dari salah satu atlet panah andalan Banyuwangi tersebut. ”Sebelumnya, Nanda pernah ikut memperkuat kontingen Jatim pada Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) 2017 di Semarang beberapa bulan lalu. Hasilnya dia bisa dapat perak, sekarang kembali diuji di Kejurnas PPLP dan bisa membawa pulang dua emas dan tiga perak,” ujar Ketua Perpani Banyuwangi Budi Wijayanto.

Sebelum mengikuti Kejurnas PPLP, Nanda rutin mengikuti latihan selama dua hari dalam satu minggu di Surabaya. Nanda memperoleh latihan intensif bersama tim PPLP Jawa Timur. ”Meski sempat kesulitan memperoleh dispensasi tapi kita dorong terus supaya bisa ikut latihan bersama PPLP. Hasilnya bisa berprestasi seperti ini, kita juga terus memberikan latihan intensif di Lapangan Maron, Genteng, setiap hari Minggu,” imbuh pria berkacamata itu.

Usai kembali dari Surabaya, Budi mengatakan akan langsung kembali menyiapkan atlet andalannya itu untuk bisa difokuskan turun di Porprov 2019. Menurutnya potensi yang dimiliki Nanda akan cukup membantu perolehan medali Banyuwangi di event empat tahunan itu.

”Di final PPLP, Nanda menghadapi atlet dari DIY. Sedangkan di perempat final dia menghadapi sesama rekan dari Jatim, tapi mampu diatasinya dengan skor 147 lawan 141. Ini jadi modal kita untuk evaluasi dan mempersiapkan latihan keras untuk di Porprov nanti. Karena lawannya pasti rekannya sendiri,” pungkasnya.