Pemakaian Diapers yang Tidak Tepat Picu Kelainan Tulang

Spesialis ortopedi RSU Haji Surabaya dr Erwin Ispanardi SpOT menuturkan bahwa pada kasus anak dengan tipe O, salah satu hal yang turut menjadi pemicu adalah penggunaan diapers yang kurang tepat. ’’Beberapa hasil penelitian, dan bila melakukan wawancara dengan orang tua dari anak yang kakinya O, mereka mengaku terbiasa menggunakan macam-macam diapers saat masih bayi dulu,’’ ulasnya.

Erwin mengemukakan, saat anak berusia 0 sampai 2 tahun, bentuk kaki memang cenderung O. Di atas usia tersebut, idealnya anatomi akan berubah menjadi cenderung X. Nah, pada anak tertentu, kaki tersebut tidak akan menjadi X. Bila dirunut, pemakaian diapers memang menjadi salah satu penyebabnya.

Misalnya pada diapers yang kaku atau durasi pemakaian yang terlalu lama hingga menjadi kaku. Jadinya akan menekan posisi selangkangan bayi. ’’Prevalensinya memang tidak banyak, dalam dua bulan setidaknya ada satu kasus baru. Tapi itu yang berobat. saya yakin banyak yang tidak berobat mengingat biaya dan sebagainya,’’ imbuhnya. (*)


(ina/ce1/JPC)