Pemain Pasrah Jadwal Ditunda

MALANG KABUPATEN – Di Liga Indonesia, penundaan jadwal pertandingan barangkali adalah sebuah keniscayaan. Seperti yang menimpa Arema FC saat ini.

Ada dua laga Arema FC yang ditunda bulan ini. Laga pertama yang ditunda adalah laga lawan Persib Bandung. Laga itu seharusnya digelar 14 Juni lalu. Namun, karena ada agenda timnas, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan laga itu dialihkan di bulan Agustus.

Kemudian yang kedua adalah penundaan pada laga lawan PSM Makassar. Arema FC seharusnya menghadapi PSM di Stadion Andi Mattalatta pada 23 Juni. Tapi lantaran PSM harus melakoni laga AFC Cup, laga itu pun diundur. Jadwal baru masih menunggu pengumuman berikutnya dari PT LIB.

Akibat penundaan itu, Arema FC hanya melakoni satu laga di bulan Juni. Yakni, menghadapi PS TIRA-Persikabo di Stadion Gajayana pada 29 Juni.

Entah karena sudah terbiasa atau apa, pemain Arema FC pun tak ambil pusing dengan penundaan jadwal pertandingan. ”Saya tidak bisa mengatakan banyak hal, saat ini yang kami butuh hanya menjalani,” kata striker Arema FC Sylvano Comvalius.

Namun, dia melihat bahwa penundaan laga punya sisi positif dan negatifnya. Positifnya jelas, pemain Arema FC punya cukup waktu untuk mengembalikan kebugaran pascalibur Lebaran. ”Namun sisi lainnya (negatif), kami di sini untuk bermain sepak bola, bukan hanya latihan,” kata dia.

Comvalius juga mengomentari soal konsekuensi  penundaan laga lawan Persib, yang membuat Arema FC bakal melakoni jadwal superpadat di bulan Agustus. Di bulan itu, ada tujuh laga yang bakal dihadapi Arema FC.

”Kami sudah siap akan hal itu. Memang tidak sempurna, tapi kami tetap akan mencoba yang terbaik dan memenangkan sebanyak mungkin pertandingan,” lanjut pemain asal Belanda itu.

Namun, lanjut Comvalius, tentu tidak mudah menyapu bersih semua laga. ”Mungkin akan menang, beberapa imbang, atau beberapa kalah dan hal itu mungkin. Dua bulan ke depan, akan jadi sangat menarik,” ujarnya.

Hal senada disampaikan gelandang Arema FC Makan Konate. Menurut pemain asal Mali itu, tidak ada hal lain selain mempersiapkan diri menjadi tim yang lebih baik lagi. ”Kami fokus dan kerja keras untuk melanjutkan kemenangan (setelah lawan Persela). Kami siapkan diri lawan PS TIRA,” lanjut Konate.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Indra Mufarendra
Fotografer : Rubianto